Brasilia (ANTARA News) - Piala Konfederasi yang digelar pada 2013 telah menyumbang produk domestik bruto (PDB) Brazil sebesar 9,7 miliar real (4,37 miliar dolar AS), sebut Kementerian Pariwisata Brazil, Senin.

Pemerintah sekarang memperkirakan bahwa pesta akbar sepak bola Piala Dunia 2014, di mana Brasil akan menjadi tuan rumah dari 12 Juni hingga 13 Juli, akan menghasilkan sekitar tiga kali jumlah tersebut.

Menurut sebuah laporan yang disusun oleh Yayasan Institut untuk Riset Ekonomi (FIPE) dan dirilis oleh kementerian di situsnya, 58 persen dari total pendapatan tetap kegiatan Piala Konfederasi terjadi di kota-kota tuan rumah dan 42 persen didistribusikan ke seluruh negeri.

Laporan itu mengatakan uang yang dihasilkan oleh Piala Konfederasi berasal dari pengeluaran wisatawan, Panitia Lokal, serta investasi publik dan swasta dalam acara tersebut.

"Hasilnya menunjukkan bahwa dampak dari turnamen tidak terbatas pada tempat-tempat di mana pertandingan berlangsung, tetapi memiliki dampak pada seluruh Brazil," kata Menteri Pariwisata Vinicius Lages di situsnya.

Acara ini juga menciptakan 303.000 pekerjaan, 60 persen dari mereka di kota-kota tuan rumah, dan sisanya 40 persen di seluruh Brazil.

Pemerintah ingin membuktikan acara olahraga skala besar baik untuk ekonomi Brazil. Sebelumnya terjadi protes anti pemerintah selama Piala Konfederasi tahun lalu. Pemrotes menyerukan pelayanan publik yang lebih baik di tengah belanja publik besar-besaran pada peristiwa prestise itu.



(A026)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014