Jakarta (ANTARA News) - Google Indonesia mengumumkan lima pencarian teratas seputar Pemilu menjelang pemungutan suara untuk memilih anggota legislatif besok.

Dalam siaran pers, Selasa, Google membeberkan lima kata kunci teratas berdasarkan pencarian masyarakat di google.co.id selama periode 31 Maret hingga 7 April 2014.

Peringkat satu diduduki kata kunci "Pemilu 9 April", disusul oleh "Libur Pemilu 2014", "Cara Pemilu 2014", "Pemilu Legislatif", dan "Pemilu Presiden". 

Menurut survei yang dilakukan oleh Asia Foundation, 38% dari responden berkata bahwa mereka ingin mendapatkan informasi seputar Pemilu melalui ponsel.

Hal tersebut mendorong Google bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Perludem, dan Asia Foundation untuk menggandeng pengembang lokal untuk membuat aplikasi seputar pemilu demi mendorong pemilih berpartisipasi aktif dalam pemilu. Beberapa karya hasil ajang bernama "hack-a-thon" itu menghasilkan beberapa aplikasi, seperti Pemilu, Pemilu Hore, Pemiloe!, One Vote, Orang Baik, Caleg Store, dan Pemilu Kita. 

Selain itu, para pemilih juga dapat menghimpun informasi partai dan caleg dari setiap wilayah melalui Peta Caleg yang juga akan diperbarui secara live saat hasil Pemilu diumumkan.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014