Saya yakin pemilu di Baduy dipastikan tingkat kesalahan sangat kecil
Lebak (ANTARA News) - Warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, mendirikan sebanyak 15 tempat pemungutan suara untuk mencoblos pada pemilihan umum legislatif yang akan dilaksanakan 9 April 2014.

"Kami sudah siap mensukseskan pemilu legislatif 2014 dan tidak ada larangan adat," kata seorang pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Jaro Daenah di Lebak, Selasa.

Ia menyebutkan, ke-15 tempat pemungutan suaru (TPS) tersebut adalah TPS Kadu Ketug, TPS Marengo, TPS Kadu Jangkung, TPS Ciwaringin, TPS Batarah, TPD Cisaban, TPS Cakal Girang, TPS Cakal Mohara, TPS Cijengkol, TPD Ciranji, TPD Cisadane, TPS Cibogo, TPS Cijanar, TPS Cipaler, dan TPS Leuwihandam.

Masyarakat Baduy Luar maupun Baduy Dalam yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 7.296 jiwa akan menggunakan hak politiknya di 15 TPS itu.

"Kami berharap pemilu di sini berjalan lancar, aman dan kondusif," katanya.

Menurut dia, pendirian TPS tersebut melibatkan petugas perangkat desa, panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemungutan kecamatan (PPK).

"Kami berharap para wakil rakyat yang terpilih nanti dapat berbuat baik untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengajak masyarakat Baduy agar menyukseskan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Masyarakat Baduy, kata dia, sudah mengikuti simulasi yang digelar oleh KPU Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak.

"Kami meminta masyarakat Baduy yang akan mencoblos surat suara pada Pemilu Legislatif agar teliti untuk menghindari kesalahan," ujarnya.

Ketua Wadah Musyawarah Masyarakat Baduy (Wammby) Kasmin Saelani mengatakan komunitas adat Baduy siap menyukseskan pelaksanaan program pemerintah melalui aspirasi Pemilu 2014.

Selama ini, kata dia, masyarakat Baduy kuat memegang kepercayaan adat dan budaya, serta patuh terhadap tetua ataupun pemimpin agama. Karenanya keikutsertaan warga Baduy dalam Pemilu 2014, merupakan keberhasilan semua pihak, termasuk aparat kecamatan, desa, pemerintah daerah, serta KPU.

"Saya yakin pemilu di Baduy dipastikan tingkat kesalahan sangat kecil," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014