Hasil kunjungan ke sejumlah TPS dan laporan dari KPU dan Tim Pemantau Pemilu Sumut, semua TPS dan sarana prasarana lainnya termasuk logistik Pemilu sudah memadai sehingga Pemilu Legislatif di Sumut diharapkan berjalan lancar,"
Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menyebutkan Sumut secara keseluruhan siap menggelar Pemilu Legislatif, Rabu (9/4), walau diakui sejumlah surat undangan memilih belum diterima pemilih

"Hasil kunjungan ke sejumlah TPS dan laporan dari KPU dan Tim Pemantau Pemilu Sumut, semua TPS dan sarana prasarana lainnya termasuk logistik Pemilu sudah memadai sehingga Pemilu Legislatif di Sumut diharapkan berjalan lancar," katanya di Medan, Selasa.

Gubernur mengakui ada beberapa Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Medan dan daerah lainnya yang melaporkan belum semua surat undangan sampai ke pemilih dengan beberapa alasan seperti warga tidak berada di rumah ketika didatangi petugas.

"Saya sudah mengingatkan agar surat undangan kalau masih memungkinkan disampaikan atau tidak mempersulit pemilih yang datang ke TPS hanya membawa KTP," katanya.

Melihat kesiapan KPPS dan lainnya, Gubernur berharap pemilih memanfaatkan hak pilihnya.

Gubernur juga berharap warga bisa membantu mengawasi hasil penghitungan suara agar Pemilu yang jujur, bersih, dan adil bisa diwujudkan.

"Saya juga sudah menegaskan kepada seluruh pimpinan daerah untuk tidak meninggalkan wilayahnya agar bisa memonitor pelaksanaan Pemilu di daerah masing-masing,"katanya.

M Sembiring, Ketua KPPS TPS 2 Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Medan, mengakui belum semua surat undangan atau form C-6 terdistribusikan kepada 2.678 pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayahnya.

"Baru 60 persen yang sudah sampai ke pemilih. Tetapi sesuai ketentuan, panitia akan melayani pemilih yang membawa KTP," katanya.(*)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014