Semarang (ANTARA News) - Indonesia menambah tiga wakilnya yang berlaga pada babak utama kejuaraan bulu tangkis "OUE Singapore Open 2014" setelah mereka berhasil mengalahkan lawan-lawannya pada babak kualifikasi.

Berdasarkan laman PBSI di Semarang, Jateng, Selasa, menyebutkan, tiga wakil Indonesia yang maju ke babak utama adalah tunggal putra (Simon Santoso), tunggal putri (Adrianti Firdasari), dan ganda campuran (Muhammad Rijal/Vita Marissa).

Simon Santoso pada babak kualifikasi mengalahkan Pannawit Thongnuam dengan dua game 21-15,21-15, kemudian pada pertandingan kedua menyingkirkan Lee Kwan Ting Sean (Singapura) 21-6,24-22.

Pada babak utama di pertandingan pertama, Simon Santoso yang kini menempati peringkat 38 dunia akan menghadapi pemain Tiongkok Tian Houwei yang menempati peringkat 16 dunia.

Pertemuan kedua pemain pada babak pertama kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 300 ribu dolar Amerika Serikat tersebut merupakan yang kedua kali dan skor pertemuan mereka saat ini adalah 0-1 untuk keunggualan Tian Houwei.

"Tian adalah pemain ulet, jadi saya harus siap capek untuk pertandingan besok," kata Simon.

Sementara itu pelatih Hendry Saputra akan menekankan masalah mental dan pikiran Simon agar bisa fight back mengingat pada pertemuan sebelumnya Simon kalah dari Tian.

"Besok (Rabu), Simon harus lebih banyak mengatur strategi dengan bermain safe." kata Hendry.

Sementara itu pada tunggal putri, Adrianti Firdasari melangkah ke babak utama setelah mengalahkan pemain Malaysia Sannatasah Saniru 21-4,21-16. "Pada game pertama, saya senang menang angin. Jadi lebih enak dalam mengontrol bola," kata Firda.

Kondisi ini berbeda pada game kedia, Firda sempat kesulitan untuk menguasai jalannya pertandingan bahkan Firda sempat terpeleset pada kedudukan 2-2 yang cukup berpengaruh di awal game kedua. Tetapi setelah kedudukan 7-7 mulai meninggalkan lawannya dan menutup game ini dengan angka 21-16.

"Pada game kedua, permainan saya terpengaruh angin yang membuat saya banyak mati sendiri. Selain itu lawan juga cukup ulet dan pada pertemuan sebelumnya berakhir dengan rubber game," katanya.

Pada babak pertama, Firda akan bertemu tunggal putri Thailand Porntip Buranaprasertsuk. Firda menilai, lawannya memiliki tiper permainan yang sama dengan dirinya.

Firda dan Porntip merupakan pemain dengan tipe menyerang dan untuk mengatasi lawannya Firda akan berusaha memperkuat pertahanan. "Tipe permainan Porntip harus diimbangi dengan pertahanan yang kuat. Kalau berhasil menahan serangannya, biasanya dia lebih banyak mati sendiri," katanya.

Pada nomor ganda campuran, juara Osaka International Challenge 2014 pasangan Muhammad Rijal/Vita Marissa juga melangkah ke babak utama setelah mengalahkan pasangan Wong Guang Lian Jason/Citra Dewi sari (Singapura) 21-18,21-13 dan mengalahkan Kevin Dennerly-Minturn/Madaleine Stapleton (Selandia Baru) 21-5,21-9.

Pada babak utama, Rijal/Vita Marissa akan menghadapi pasangan kuat asal Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsin.

"Untuk pertandingan besok, kami berusaha tetap fokus dan bermain konsisten. Mudah-mudahan dengan sudah beradaptasi di lapangan, kami mendapatkan hasil yang baik," kata Muhammad Rijal. (*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014