Terlebih lagi jumlah swing voters saat ini kan sangat tinggi, saya harap PKPI akan jadi partai alternatif."
Bekasi (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso mengaku bersikap realistis soal harapan perolehan suara partainya di pemilihan umum (Pemilu) Legislatif hari ini dalam perolehan ambang batas menuju parlemen (parliamentary threshold/ PT).

"PKPI realistis sajalah. Target PT 3,5 persen harus lolos," ujarnya setelah keluar dari tempat pemungutan suara (TPS) Kalimanggis, Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Berdasarkan perolehan suara di Pemilu Legislatif 2009, Sutiyoso mengatakan, PKPI memperoleh 6,7 persen, ditambah sosialisasi yang intensif jelang dan semasa kampanye tahun ini, dan jumlah calon pemilih yang belum menentukan sikap (swing voters) membuat dirinya yakin bahwa PKPI akan lolos PT.

"Terlebih lagi jumlah swing voters saat ini kan sangat tinggi, saya harap PKPI akan jadi partai alternatif," katanya.

Menurut Sutiyoso, PKPI menjadi partai alternatif karena pembentukannya didukung koalisi 13 partai dari masa Pemilu 2004 dan 2009, serta memiliki rekam jejak bersih dari korupsi.

"Dari tiga ratusan wakil rakyat di DPRD provinsi dan daerah dari PKPI di seluruh Indonesia, mana yang ditangkap KPK?" ujar purnawirawan bintang tiga TNI Angkatan Darat (AD) tersebut.

Mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu menggunakan hak pilihnya di TPS 10 Kalimanggis yang berada di lingkungam kediamannya untuk menyemangati warga agar tidak termasuk golongan putih (golongan putih) atau tidak ikut pemilu.

"Saya nyoblos di sini agar masyarakat juga peduli pada pemilu. Kalau melihat seorang tokoh kan mereka juga akan terinspirasi untuk memilih," demikian Sutiyoso.

Sutiyoso datang ke TPS bersama istri, Setyorini, dan seorang kerabatnya. Tercatat 343 orang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 10 Kalimanggis. (*)

Pewarta: A. Fitriyanti
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014