Jakarta (ANTARA News) - PDIP meraih suara paling banyak di TPS 90, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, tempat Ketua DPR-RI Marzuki Alie menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif 2014.

Ketua Panitia Pemungutan Suara TPS 90 Rudi Budi Utomo mengatakan setelah perhitungan suara selesai, PDIP dominan dengan 119 suara, disusul Gerindra 27 suara dan Partai Demokrat 13 Suara.

"Sementara itu Pak Marzuki Alie hanya meraih 10 suara," kata Rudi.

TPS 90 di Komplek Gading Griya Lestari, Blok G/5 RT006/009 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara tersebut memiliki Daftar Pemilih Tetap 289 orang, namun hanya 205 pemilih menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut.

"Jumlah suara sah 195, yang tidak sah 10," kata Rudi.

Sebelumnya, dengan mengenakan kemeja hitam lengan pendek dan celana bahan hitam, Marzuki tiba di TPS 90 pukul 09:55 WIB menggunakan sebuah mobil yang dikawal dua motor Patwal Polisi.

Pada Pemilu Legislatif 2014, Marzuki kembali mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Legislatif dari Partai Demokrat untuk Dapil DKI Jakarta III yang meliputi wilayah Jakarta Utara, Jakarat Barat, dan Kepulauan Seribu.

Marzuki yang telah menjabat sebagai Ketua DPR-RI sejak 2009 mengaku prihatin atas masih maraknya praktik politik uang pada pemilu kali ini.

"Oleh karenanya, saya gencar memberikan pesan moral kepada masyarakat untuk tidak memilih orang yang membayar atau memberikan sembako agar mencoblos mereka karena yang dirugikan nantinya juga masyarakat sendiri," kata Marzuki.

Marzuki juga telah mengimbau masyarakat tidak golput. "Seharusnya masyarakat berpartisipasi positif dan memilih orang-orang yang amanah duduk di kursi legislatif kalau tidak mereka yang telah mencederai masyarakat akan duduk lagi di kursi legislatif".

"Kita kecewa tapi tidak ikut berpartisipasi, justru kita kecewa itu harus berbuat," kata dia.

Marzuki meninggalkan TPS setelah menggunakan hak suaranya sekitar pukul 10:30 WIB.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014