Saya dapat laporan dari instansi/lembaga yang berwenang proses Pemilu berjalan lancar dan tak ada kendala yang berarti. Kami berharap tetap aman dan terkendali,"
Padang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, menyatakan sampai Rabu siang pelaksanaan pemilihan umum legislatif (pileg) di wilayah provinsi itu berjalan lancar dari laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejahteraan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

"Saya dapat laporan dari instansi/lembaga yang berwenang proses Pemilu berjalan lancar dan tak ada kendala yang berarti. Kami berharap tetap aman dan terkendali," katanya di Padang, Rabu.

Ia menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Padang.

Orang nomor satu di Provinsi Sumbar itu, datang ke TPS bersama isteri Nevi Irwan Prayitno sekitar pukul 08.00 Wib dengan kendaraan dinas.

Ia mengatakan, dari laporan yang masuk itu secara umum lancar baik logistik Pemilu maupun keamanan, semoga sampai pada penetapan hasil nanti tetap terjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.

Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim menggunakan hak pilihnya di TPS 2 Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman sekitar pukul 09.00 Wib.

Alasan memberikan hak suara di kampung halamannya karena ingin memotivasi masyarakat agar dapat pula menggunakan hak pilih mereka, datang beramai ramai ke TPS memilih wakilnya di lembaga legislatif (DPRD Kab/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD).

Setelah menggunakan hak suara wagub sempat melakukan pamantauan di sejumlah TPS di kabupaten Padang Pariaman, dan pelaksanaan berlangsung dengan kondusif.

"Kami minta masyarakat yang punya hak pilih supaya datang Ke TPS dengan penuh kesadaran dan tidak masuk golongan putih (golput)," katanya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Setda), Ali Asmar menyoblos pada Pemilu 9 April 2014 di TPS III, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Padang Panjang. Ali Asmar didampingi isteri tiba di TPS sekitar pukul 11.15 Wib.

TPS yang berada di Kantor Dinas Pertanian Padang Panjang hanya terdiri dari satu tenda sederhana, namun terlihat keseriusan para petugas dalam melaksanakan pesta demokrasi ini.

Busman (50) sebagai Ketua TPS III mengatakan bahwa pelaksanaan penyoblosan di TPS ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman, serta semua petugas dan saksi-saksi lengkap hadir.

Sekda dalam kesempatan itu, menyampaikan apapun hasil yang diperoleh nantinya, semua elemen wajib untuk menjaga dan menerimanya. "Siapa pun yang mendapat suara terbanyak, maka itulah pilihan masyarakat, jangan sekali-kali berbuat anarkis karena akan merugikan kita semua. Yang belum terpilih harus dengan lapang dada menerima dan mari bersama-sama bangun negeri ini," katanya.

(KR-SA/H014)

Pewarta: Siri Antoni
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014