Dialog masih sekitar kota-kota mana saja yang kami bawa dalam pencalonan ini, dan kota-kota mana yang berpeluang menang,"
Washington (ANTARA News) - Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC) belum memutuskan jadi tidaknya mencalonkan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2024, namun mereka sudah mulai membuat daftar kota-kota yang berpeluang memenangi hak penyelenggaraan pesta olahraga sedunia itu.

"Prosesnya masih informal, langkah berikutnya adalah membuat keputusan pada akhir tahun ini, tapi sementara ini belum ada penetapan tanggal batas waktu," kata ketua USOC Scott Blackmun, Rabu, seperti dilansir Reuters.

"Dialog masih sekitar kota-kota mana saja yang kami bawa dalam pencalonan ini, dan kota-kota mana yang berpeluang menang," katanya.

USOC telah mengirim surat kepada para walikota mengenai keinginan untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2024. Beberapa kota diyakini punya peluang di antaranya San Francisco, Los Angeles, Boston, Dallas, Philadelphia, Washington D.C. dan San Diego, namun belum mengarah ke kanditat utama.

Komentar Blackmun muncul di tengah kabar bahwa USOC sedang menyiapkan dua atau tiga kota untuk dipilih sebagai wakil AS dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2024.

Namun jika USOC merasa belum mampu membawa Olimpiade 2024 ke tanah Amerika Serikat, mereka akan beralih fokus ke olimpiade musim dingin 2026.

Terakhir AS jadi penyelenggara olimpiade musim dingin adalah tahun 2002 di Salt Lake City, sedangkan untuk olimpiade musim panas di Atlanta tahun 1996.

Untuk Olimpiade 2024, calon-calon potensial adalah Roma, Paris, Doha, dan Durban (Afsel).

Keputusan untuk tuan rumah Olimpiade 2024 baru akan ditetapkan IOC pada 2017.

(Uu.T004/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014