Bandarlampung (ANTARA News) - Calon wakil gubernur Lampung Mukhlis Basri mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri dari hasil perhitungan sementara lembaga survei pada pelaksanaan pemilihan gubernur Lampung bersamaan pemilu legislatif 9 April 2014.

"Saya ucapkan selamat atas hasil quick count yang menyatakan keunggulan pasangan Cagub-Cawagub Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri pada Pilgub Lampung 2014 ini," kata Mukhlis, saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu malam.

Menurutnya, hasil surrvei memang belum bisa dipastikan kemenangan itu karena masih harus menunggu hasil penghitungan dan keputusan resmi pemenang pilgub Lampung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, namun karena memang hasilnya sudah diprediksi seperti itu maka pihaknya harus mengucapkan selamat.

"Setiap pertandingan pasti ada kalah dan ada yang menang, begitupula dengan pertarungan pemilihan kepala daerah ini," ujar Bupati Lampung Barat yang berpasangan dengan mantan Sekdaprov Lampung Berlian Tihang pada Pilgub Lampung periode 2014--2019 ini pula.

Jadi, ia melanjutkan, sudah sewajarnya untuk mengakui apabila memang kenyataannya ada pihak lain yang menang.

"Harus legowo atau menerima hasilnya kalau memang sudah sesuai dengan aturan dan prosedurnya, tapi kalau tidak sesuai prosedur tentu ada aturan lainnya," kata dia lagi.

Mukhlis menyebutkan, semua sudah diserahkan pada yang Maha Kuasa, sehingga bila memang masih harus memimpin Lampung Barat harus tetap dilaksanakan.

"Jabatan itu amanah, kalau memang belum diberi amanah dan beban yang lebih besar, kita harus menerima dengan lapang dada, bahkan bersyukur tentunya," ujar dia lagi.

Sekali lagi, kata Mukhlis, pihaknya mengucapkan selamat atas kemenangan versi lembaga survei baik di tingkat internal (Tim Pemenangan Ridho berBakti) maupun hasil hitung cepat Rakata Institute serta JSI.

Hingga pukul 00.00 WIB pasangan Ridho berBakhti disebutkan unggul dalam perolehan suara versi quick count internal Tim Ridho berBakhti pada Pilgub Lampung 2014, dengan perolehan tertinggi, dari 75 persen suara masuk dengan rinican: 1. Berlian-Mu 15,89 persen, 2. Ridho berBakhti 43,51 persen, 3. Manzada 32,91 persen, 4. Aman 7,69 persen.

Demikian pula hasil quick count beberapa lembaga lainnya, di antaranya versi Rakata Institute dengan hasil: 1. Berlian-Mu 15,34 persen, 2. Ridho berBakhti 45,04 persen, 3. Manzada 31,90 persen, 4. Aman 7,44 persen.

Sedangkan berdasarkan versi JSI, hasilnya: 1. Berlian-Mu 16,60 persen, 2. Ridho berBakhti 42,48 persen, 3. Manzada 33,52 persen, 4. Aman 7,44 persen.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014