London (ANTARA News) - PDI-P untuk sementara unggul di Praha, Ceko dengan perolehan 33 suara diikuti PKS 18 suara, Gerindra 13 suara, Demokrat dan Golkar tiga suara, PKB dua suara, PAN , PPP , Hanura dan PKPI masing masing satu suara, terdapat tiga suara dinyatakan tidak sah.

Tepat pukul satu siang waktu setempat, Ketua PPLN Ceko menyerahkan kembali amplop berisi kunci kotak suara yang tersimpan aman di lemari PPLN dengan pengawasan kamera 24 jam sehari kepada Ketua KPPSLN.

Pensosbud KBRI Praha, Wahono Yulianto kepada Antara Kamis menyebutkan terrcatat sebanyak 79 suara yang dihitung KPPSLN dan jumlah sesuai dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara yang dilaksanakan pada 5 April lalu.

Perhitungan suara dilakukan di hadapan sekitar empat puluh masyarakat Indonesia dan satu orang saksi dari partai PKS yang hadir dalam acara penghitungan suara di Aula KBRI Praha.

Antusiasme dan sorak sorai masyarakat Indonesia di Ceko mengiringi setiap setiap satu per satu surat suara yang dibuka dan dibacakan hasilnya Ketua KPPSLN Ceko. Duta Besar RI Praha, Emeria W.A. Siregar, turut hadir dan menyaksikan hingga proses perhitungan suara selesai.

Hasil perolehan suara di TPSLN Praha 1 dimenangkan oleh PDIP dengan perolehan 33 suara diikuti oleh PKS 18 suara, Gerindra 13 suara, Demokrat dan Golkar tiga suara, PKB dua suara, PAN , PPP , Hanura dan PKPI masing masing satu suara, terdapat tiga suara dinyatakan tidak sah.

Menurut keterangan Ketua PPLN Ceko, hingga tanggal 9 April 2014, total partisipasi warga Indonesia yang menggunakan hak suaranya sebesar 76,98 persen yang terdiri dari 79 orang yang memilih langsung di TPS dan 28 orang melalui pos.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014