... pesawat itu didominasi warna biru langit dan putih. Warna biru berada di bagian atas tubuh pesawat dan warna putih di bagian bawah pesawat... "
Jakarta (ANTARA News) - Setelah melalui proses kurang lebih dua tahun, pagi ini, pesawat Kepresidenan Republik Indonesia jenis Boeing Business Jet 2 atau BBJ-2 737-800  mendarat di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, sebut laman setkab.go.id, menyambut kedatangan pesawat yang terbang langsung dari markas Boeing di Chicago, Amerika Serikat itu. Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro.

Dalam foto yang terpampang di laman tersebut, pesawat itu didominasi warna biru langit dan putih. Warna biru berada di bagian atas tubuh pesawat dan warna putih di bagian bawah pesawat.

Kedua warna tersebut dibatasi garis merah dan putih yang melengkung dari bagian tengah belakang pesawat ke bagian bawah hidung pesawat.

Di tubuh pesawat terdapat tulisan REPUBLIK INDONESIA dan di bagian ekor pesawat terpampang gambar bendera Merah Putih.

Pesawat Kepresidenan jenis BBJ II berbasis Boeing B-737-800 itu berukuran panjang 39,5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, dan diameter 3,73 meter. Sementara itu, interiornya, panjang 29,97 meter, tinggi 2,16 meter, dan lebar 3,53 meter.

Selain itu, 737-800 BBJ II juga memiliki kemampuan jarak tempuh maksimal 10.334 kilo meter (km), kapasitas penumpang 50 orang, jarak tempuhnya terjauhnya turun jadi 8.630 km, kecepatan 871 kilometer per jam, dan kapasitas bahan bakar 39.539 liter.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014