Jadi kami sangat yakin ini tidak akan ada dampak seriusnya terhadap Sail Raja Ampat
Jakarta (ANTARA News) - Kisruh di Papua diyakini tidak akan mengganggu pelaksanaan kegiatan Sail Raja Ampat yang dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juni 2014.

"Ini tidak akan berpengaruh apa pun, apalagi lokasinya kan di Papua Barat jauh dari titik konflik itu," kata Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Freddy H. Tulung di Jakarta, Kamis.

Freddy Tulung berpendapat kisruh di Papua beberapa waktu lalu cenderung over publikasi mengakibatkan beredarnya isu ketidakamanan di seluruh Papua.

Padahal kondisi di Raja Ampat sebagai titik pelaksanaan Sail tersebut sangat kondusif dan aman.

"Jadi kami sangat yakin ini tidak akan ada dampak seriusnya terhadap Sail Raja Ampat," katanya.

Pada kegiatan Sail Raja Ampat 2014 pihaknya mempersiapkan dukungan infrastruktur untuk pembangunan media center berupa 14 unit perangkat computer.

Sebelumnya pada 2012 pihaknya telah pula memberikan bantuan Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas (M-Pustika) kepada Pemda Raja Ampat.

Kemenkominfo sebagai pengelola media center Sail Raja Ampat 2014 telah pula mempersiapkan Pusat layanan Internet Kecamatan (PLIK) di 16 Kecamatan dan dua unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK).

Selain itu telah pula dibangun sebaran WiFi pada 3 titik yaitu di SMA Negeri 1 Waisai, Perpustakaan Daerah Raja Ampat, dan Kantor Bupati Raja Ampat. Serta telah pula dibangun Telinfo Tuntas (menara BTS) pada 14 desa, dan pembangunan desa dering pada 60 lokasi.

Freddy menambahkan, Media Center Sail Raja Ampat akan beroperasi dan memfasilitasi setidaknya 200 wartawan dari berbagai media mulai 16 -23 Juni 2014.

Pihaknya juga memfasilitasi Kunjungan Jurnalistik Media Internasional dan Nasional mulai 19 -22 Juni 2014.

Pada acara Sail Raja Ampat 2014, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono akan meluncurkan Sampul Peringatan Sail raja Ampat dirangkai dengan pemasangan perangkat SNG dari PT Telkom, dan penguatan jaringan Telekomunikasi (Voice + Data) oleh PT Telkom dan PT Telkomsel.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014