PPLN Tunisia masih menunggu surat suara dari dua WNI yang dikirim via pos
Kairo (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bertengger di urutan pertama dalam penghitungan suara panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di Tunisia.

PPLN Tunis merampungkan penghitungan suara pada Rabu (9/4) petang dan PKB unggul 23,5 persen dari total 98 suara sah, kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), Dede Ahmad Permana kepada Antara Kairo, Kamis.

Penghitungan suara di KBRI Tunis tersebut mencatat total 98 suara suara sah dari 102 pemilih, dan empat suara dinyatakan tidak sah.

Urutan kedua ditempati PDIP 20 suara (19,61 persen), dan PKS 18 suara (17,65 persen), PPP dengan 12 suara (11,76 persen) dan Gerindra 11 suara (10,78 persen).

Menurut Dede Permana pada Pemilu 2009 silam, partai kaum Nahdhiyyin ini berada di peringkat bawah. Pada Pemilu 2009, katanya, Partai Demokrat di posisi teratas, disusul PPP dan PKS.

Disebutkan, Duta Besar RI untuk Tunisia, Ronny Prasetyo Yuliantoro turut hadir dalam penghitungan suara tersebut.

Acara penghitungan itu juga disiarkan langsung melalui program live streaming di situs Youtube. Sehingga para WNI yang tidak sempat hadir ke KBRI dapat menyaksikannya dari rumah masing-masing melalui jaringan internet.

"Alhamdulillah saya bisa menyaksikan acara penghitungan suara ini dari rumah," tutur Nurbaitillah, seorang mahasiswi S2 asal Banten yang tinggal di kawasan Makal Zaim, sekitar 15 km dari KBRI.

Pemungutan suara di TPSLN Tunis berlangsung pada hari Minggu, 6 April 2014. Sedangkan penghitungannya dilakukan tanggal 9 April, bersamaan dengan pencoblosan dan penghitungan suara di Tanah Air.

Tercatat 127 WNI terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) dan Data Pemilih Khusus Luar Negeri (DPKLN).

"PPLN Tunisia masih menunggu surat suara dari dua WNI yang dikirim via pos. Dua WNI tersebut bermukim di Tatouine (530 km dari Tunis), dan satu WNI lagi tinggal di Jerba, 659 km dari ibu kota negeri Arab di Afrika Utara itu.

"Kami sudah konfirmasi ke pihak pemilih yang bersangkutan. Surat suara sudah dikirim balik. Semoga dapat kami terima dalam waktu secepatnya," ujar ketua PPLN Tunis Sugianto Amir, berharap.

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014