Jakarta (ANTARA News) - Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi obesitas adalah dengan menerapkan pola makan sehat, termasuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang tepat.

Dalam acara kampanye makanan sehat di Jakarta, Kamis, spesialis gizi klinik Dr.dr. Inge Permadhi, MS.SpGK dari Rumah Sakit Umum Pusat dr Cipto Mangunkusumo memaparkan pembagian porsi makanan yang baik.

Ia menyarankan pembagian porsi makanan yang mencakup seperempat piring sumber karbohidrat, seperempat piring sumber protein nabati dan hewani serta lemak yang terkandung di dalamnya serta setengah piring sisanya untuk sayur dan atau buah.

"Jangan lupa setengah piring sisanya untuk sayuran atau buah-buahan yang kaya dengan vitamin, mineral dan serat," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa pola makan sehat artinya mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. 

Selain itu dia menekankan perlunya memperhatikan pemilihan bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi, variasi makanan, cara pengolahan makanan serta waktu makan.

Konsumsi makanan yang sehat penting untuk mencegah dan mengatasi masalah obesitas, yang berhubungan dengan risiko beberapa penyakit generatif seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus tipe 2, hipertensi, dislipidemia (kelainan lemak darah) dan kanker.

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar, tahun 2010 prevalensi obesitas penduduk dewasa perempuan dan laki-laki masing-masing 26,9 persen dan 16,3 persen. Angka itu meningkat menjadi 26,9 persen pada perempuan dan 16,3 persen pada laki-laki tahun 2013.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014