Kairo (ANTARA News) - Presiden Sudan Omar Al Bashir pada Rabu (9/4) menerima surat-surat kepercayaan dari Duta Besar RI untuk Sudan, Burhanuddin Badruzzaman.

Upacara penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut berlangsung di Istana Presiden Sudan di Khartoum, kata Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Khartoum, Erwin Siddiq, kepada ANTARA Kairo, Kamis malam.

Disebutkan, dalam menjalankan misi diplomatiknya, Dubes Burhanuddin juga merangkap Republik Eritrea.

Rangkaian upacara penyerahan surat kepercayaan itu diawali dengan pengumandangan lagu kebangsaaan kedua negara, dan pemeriksaan pasukan kehormatan.

Usai acara penyerahan surat kepercayaan, Dubes RI berkesempatan melakukan audiensi dengan Presiden Bashir.

"Dubes Burhanuddin Badruzzaman menyampaikan salam hangat dan pesan persahabatan dari Presiden RI dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan seluruh rakyat Sudan," katanya.

Presiden Sudan membalas salam untuk Presiden dan seluruh rakyat Indonesia serta mengucapkan selamat bertugas kepada Dubes RI.

Presiden Sudan menyampaikan apresiasi atas bantuan Pemerintah Indonesia kepada Sudan.

Presiden Bashir menegaskan, selain memiliki hubungan historis yang panjang dan sebagai sahabat dekat, kedua negara juga bekerja sama dengan erat di fora Internasional.

Presiden El Bashir berharap agar Indonesia yang telah memiliki berbagai keunggulan dapat meningkatkan bantuan kepada Sudan dengan menularkan pengalamannya melalui berbagai program pelatihan (capacity building).

Selain di bidang pertanian dan perikanan yang sudah berjalan, Indonesia juga diharapkan dapat melatih tenaga-tenaga Sudan di bidang Industri dan Teknologi Informasi.

Dubes RI mengatakan bahwa sebagai negara sahabat, Indonesia telah dan akan terus membantu Sudan dalam berbagai program capacity building.

Selain Dubes Burhanuddin, pada hari yang sama Presiden Bashir juga menerima surat-surat kepercayaan dari Dubes-Dubes Tunisia, Oman, Rusia, dan Dubes Swiss.

(M043/M019)

Pewarta: Munawar S Makyanie
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014