Jakarta (ANTARA News) - Kesibukan sehari-hari sering kali membuat orang sulit mempertahankan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat.

Saat berada di tempak kerja, dalam perjalanan panjang, terjebak kemacetan lalu lintas atau mal kadang membuat kita sudah memperoleh makanan sehat sehingga harus mengonsumsi makanan cepat saji dan kudapan manis.
 
Berikut enam kiat yang bisa dicoba untuk mempertahankan kebiasaan mengonsumsi makan sehat agar tubuh tetap bugar seperti dilansir laman Medical Daily :

1. Rencanakan menu makanan setiap Senin.

Merencanakan menu makanan pada hari Senin tidak hanya memberikan kesempatan untuk memastikan menu diterapkan sepanjang pekan dan peluang untuk menghabiskan stok bahan makanan yang ada di dapur. Selain itu perencanan bisa digunakan untuk memastikan makanan Anda sehat dan seimbang, serta memungkinkan Anda mencari resep makanan lain dari menu orang lain yang melakukan hal yang sama.

2. Sediakan makanan ringan sehat

Sebaiknya menyediakan makanan ringan sehat sehat seperti buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, yogurt rendah lemak, kismis dan buah kering lainnya untuk menghindari konsumsi makanan tidak sehat sebelum waktu makan tiba. 

3 . Hindari makanan panggang cepat saji saat sarapan

Makanan panggang cepat saji seperti kue muffin memang lezat untuk disantap saat sarapan, namun bisa mendatangkan malapetaka bagi pinggang Anda setelahnya. Bahan baku kue ini (sekalipun berbeda-beda) setidaknya mengandung cukup banyak lemak jenuh. Sarapan sereal nabati atau roti gandum dengan selai kacang dan sepotong buah lebih baik untuk Anda.

Di samping itu, minuman berbahan dasar buah juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Yogurt stroberi yang mengandung vitamin C, kalium dan serat tinggi juga cocok jadi bagian menu sarapan dan makan siang.

4 . Seduh kopi atau teh sendiri

Selain dapat menghemat waktu dan uang, menyeduh sendiri kopi atau teh membuat Anda dapat memperkirakan jumlah kafein yang dibutuhkan.

5 . Jangan lupa makan siang

Kelaparan di salah satu jam makan, misalnya saat makan siang, akan membuat Anda makan dengan porsi berlebihan pada jam makan berikutnya. Jika tak memiliki banyak waktu untuk makan siang, maka lebih baik membawa bekal makanan sendiri.

6 . Pilih makanan sehat saat makan di luar

Saat memutuskan makan di luar, Anda bisa tetap berusaha mengonsumsi makanan sehat, misalnya dengan menghindari makanan yang digoreng. Anda juga tidak harus mengonsumsi semua makanan yang ada di piring dan menyisihkan sebagian untuk dimakan pada waktu lain.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014