... saat mereka mendengar kita kekurangan truk sampah, mereka tergerak membantu... "
Jakarta (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Ekonomi dan Dagang Taiwan memberi bantuan empat truk sampah kepada pemerintah Provinsi DKI Jaya, dalam paket bantuan senilai 100.000 dolar Amerika Serikat. 

Wakil Gubernur DKI Jaya, Basuki Purnama (Ahok), yang turut hadir dalam acara serah terima truk itu sangat menghargai Taiwan yang selalu dekat dan membantu warga Jakarta.

"Taiwan dari dulu menunjukkan rasa kebersamaan dengan kita, melalui Yayasan Budha Tsu Zhi. Jadi saat mereka mendengar kita kekurangan truk sampah, mereka tergerak membantu. Mereka sebenarnya mau bantu uang, cuma saya bilang jangan, nanti repot, " kata Ahok, di Kantor Dinas Kebersihan DKI Jaya, Jakarta Timur, Jumat.


"Nanti produsen truk Foton dari China rencananya juga akan kasih kita dua truk besar, truk tronton yang akan dibawa ke Bekasi untuk dibuat tampungan air sampah. Supaya air-air kotornya tidak jatuh ke jalan tapi jatuh ke tangki," katanya.

Sejauh ini, jumlah truk sumbangan dari pengusaha China Indonesia sebanyak 53 unit. Jumlah itu dirasa sudah cukup karena DKI Jaya juga akan membeli truk hingga 400 unit. Menurut Ahok, jumlah ideal truk sampah di seluruh Jakarta adalah 700 unit.


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014