Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tiongkok menunda rencananya mengirimkan sepasang panda ke Malaysia pekan depan, kata Menteri Lingkungan Malaysia G. Palanivel seperti dikutip AFP.

Penundaan ini menyusul hubungan tegang kedua negara akibat hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

Pada 2012 kedua negara sepakat bahwa Tiongkok akan mengirimkan panda raksasa untuk tinggal 10 tahun di Malaysia sebagai bagian dari "diplomasi panda" demi mengeratkan hubungan Beijing dengan sejumlah negara.

"Mereka (Tiongkok) tengah menantikan hasil (pencarian) MH370. Mereka akan menunda kedatangan (kedua panda itu). Mereka mungkin mengirimkannya akhir Mei," kata Palanivel dalam satu pesan teks seperti dikutip AFP.

Namun Palanivel mengatakan Tiongkok dan Malaysia sepakat bahwa kedua panda raksasa itu akan tiba 31 Mei bertepatan dengan hari jadi ke-40 hubungan diplomatik kedua negara.

Tadinya Tiongkok akan menyerahkan kedua panda raksasa itu tanggal 16 April yang akan diangkut oleh Malaysia Airlines.

Kedua panda --Feng Yi dan Fu Wa-- sebelum kasus MH370 pun sudah mengundang kontroversi di Malaysia karena akan dikandangkan di sebuah fasilitas bernilai 7,7 juta dolar AS di kebon binatang nasional Kuala Lumpur.

Para pecinta lingkungan mengatakan uang sebesar itu akan lebih baik dibelanjakan untuk upaya-upaya konservasi bagi satwa liar Malaysia, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014