Jakarta (ANTARA News) - Aplikasi rancangan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Smoothie, dapat memutar lagu sesuai dengan suasana hati penggunanya.

"Aplikasi ini menggunakan "electroencephalography (EEG) headset" yang akan menangkap gelombang otak," kata salah satu anggota tim Ide Delta yang mengikuti Imagine Cup 2014 Microsoft, Christian Hendri di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Smoothie akan mengunakan basis data pada "cloud" yang menyimpan informasi lagu beserta "mood"-nya dalam membantu proses pemilihan lagu.

Salah satu inovasi yang ditonjolkan para mahasiswa jurusan teknik informatika itu adalah implementasi pembelajaran mesin dalam menentukan lagu dengan menggunakan Stereomood API.

Pengguna juga dapat memberikan umpan balik tentang lagu yang sudah mereka dengarkan.

Untuk saat ini, Hendri mengatakan, Smoothie masih dalam proses pengembangan untuk Windows Phone. Lagu didengarkan melalui "headset" dari Neurosky Mindware dan dikoneksikan melalui "bluetooth".

"Semoga kami bisa memenangi Imagine Cup 2014 ini agar aplikasi ini bisa semakin berkembang dan bisa di-'download' pengguna," ujar mahasiswa tingkat tiga itu.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014