Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Simon Santoso bakal menghadapi pemain Tiongkok Du Pengyu pada babak semifinal kejuaraan bulu tangkis Singapura Terbuka Super Series 2014 setelah mengalahkan Lee Dong Keun (Korea Selatan) di babak perempat final di Singapura, Jumat.

Berdasarkan laman PBSI, Jumat, rekor pertemuan mereka saat ini adalah 2-2 tetapi Simon menang pada pertemuan terakhir pada Indonesia Open 2012.

Pada babak perempat final, Simon yang harus merangkak dari babak kualifikasi pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 300 ribu dolar Amerika Serikat ini mengalahkan Lee Dong Keun dengan dua game langsung 21-18,21-15 dalam waktu 44 menit.

Saat melawan pemain Korea Selatan tersebut, Simon sempat tertinggal cukup jauh yaitu 1-8 pada awal game pertama. Kemudian Simon bangkit dan mengejar ketertinggalannya dan menyamakan kedudukan menjadi 12-12, setelah itu Simon berbalik menguasai pertandingan dan smash keras Simon mengakhiri game pertama dengan 21-18.

"Lawan tadi pemain yang ulet. Ia tidak mudah ditembus dan serangan baliknya bagus," kata Simon.

Hampir mirip dengan game pertama, Simon sempat tertinggal pada game kedua tetapi dengan kematangannya berhasil melewati perolehan angka Lee. Dengan smash silang yang keras, Simon menutup pertandingan ini dengan angka 21-15.

"Sewaktu ketinggalan, saya kurang sabar dalam bermain. Kemudian mengubah pola dengan lebih sabar dalam menyerang dan bisa memenangkan pertandingan ini," katanya.

Ia mengaku terus berusaha meningkatkan performannya. "Target saya tahun ini adalah masuk 10 besar dunia," katanya.

Sementara itu Du Pengyu yang menempati unggulan kelima pada kejuaraan ini melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan tunggal putra India sai Praneeth B dengan dua game langsung 21-15,21-15.

Sampai kini Indonesia sudah menempatkan tiga wakilnya pada babak semifinal yaitu nomor ganda campuran (pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Riky Widianto/Pupspita Richi Dili) dan tunggal putra (Simon Santoso).

Indonesia masih memiliki kesempatan untuk menambah wakilnya melalui nomor ganda putra karena unggulan pertama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menghadapi unggulan kelima Kim Sa Rang/Yoo Yeon Seong (Korea Selatan) di babak perempat final.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014