Sebanyak 25 orang perwakilan Viking dan The Jakmania hadir menyaksikan penyataan kesepakatan damai itu. Mereka duduk bersama dalam satu ruangan.
Cibinong (ANTARA News) - Pendukung klub Persib Bandung, Viking, dan fans klub Persija Jakarta, The Jakmania, menandatangani enam butir kesepakatan damai di Aula Mapolres Bogor, Cibinong, Jawa Barat, Jumat.

Kesepakatan damai (islah) antara Viking dan The Jakmania tersebut difasilitasi oleh Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat serta disaksikan Mabes Polri dan seluruh kapolres di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

Sebanyak 25 orang perwakilan Viking dan The Jakmania hadir menyaksikan penyataan kesepakatan damai itu. Mereka duduk bersama dalam satu ruangan.

Adapun butir kesepakatan damai yang ditandatangani kedua suporter sepak bola itu adalah:

Butir pertama, pendukung Persib Bandung Viking dan The Jakmania menyepakati untuk saling menghormati antara suporter untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menimpulkan kebencian, konflik fisik maupun tindakan anarkis lainnya dengan cara mengendalikan seluruh pendukung demi terwujudnya suasana kondusif dalam setiap pertandingan maupun di luar pertandingan sepak bola dimanapun lokasi pertandingan dilaksanakan khusus di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Kedua, Viking dan The Jakmania menyepakati menghentikan pertikaian antara pendukung di setiap pertandingan sepak bola antara Persib Bandung dan Persija Jakarta yang berlangsung di wilayah Jawa Barat maupun DKI Jakarta.

Butir ketiga, Viking dan The Jakmania sepakat melaksanakan tugas secara bersama-sama antara ketua, koordinator lapangan dan suporter dengan aparat keamanan dalam pengamanan kegiatan pertandingan sepak bola antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta yang melibatkan pengerahan massa dari kedua belah pihak.

Butir keempat, Viking dan The Jakmania sepakat secara proaktif akan membantu aparat keamanan dalam memelihara dan menjaga keamanan serta ketertiban dengan mengoptimalkan koordinasi yang efektif antara pendukung kedua klub terkait dalam pertandingan sepak bola baik antara Persib dan Persija ataupun pertandingan kesebelasan lainnya serta kegiatan lainnya.

Butir kelima, Viking dan The Jakmania sepakat dengan islah kedua pendukung dapat meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan guna meraih prestasi sepak bola Indonesia.

Butir keenam, Viking dan The Jakmania sepakat mentaati seluruh ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, diantaranya mematuhi ketertiban berlalu lintas apabila terjadi pelanggaran atau tindak pidana yang harus diselesaikan sesuai dengan prosedur hukum, tidak akan mencampuri atau mengintervensi yang dapat mengganggu proses penyidikan, penuntutan dan persidangan.

(KR-LR)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014