Beijing (ANTARA News) - Putaran ketiga pembicaraan nuklir antara Iran dan Kelompok 5+1 (Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Prancis, Inggris dan Jerman) di Wina membuat beberapa kemajuan, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Beijing Hong Lei.

"Secara umum, suasana pembicaraan positif," kata Hong dalam konferensi pers harian di Beijing, Kamis.

Selama dua hari pembicaraan, semua pihak mengambil bagian dalam diskusi tentang unsur-unsur tertentu dari perjanjian tersebut, kata Hong. Dan semua pihak menunjukkan keinginan untuk mencapai kesepakatan akhir pada tanggal awal, katanya seperti dilansir IRNA.

Perundingan-perundingan mengenai kesepakatan akhir masih menghadapi banyak kendala dan perbedaan-perbedaan yang tidak dapat dihindari, kata Hong, karena masalah ini rumit.

Juru Bicara menekankan sikap konstruktif dari semua pihak, sementara berurusan dengan perbedaan, dan kemauan untuk menyelesaikan kekhawatiran satu sama lain melalui perundingan.

"Tiongkok akan terus memainkan peran konstruktif di putaran pembicaraan berikutnya untuk mencapai kesepakatan mengakhiri sedini mungkin," ujar Hong .

Iran dan enam kekuatan utama dunia berusaha untuk mencapai kesepakatan komprehensif pada 20 Juli guna mengakhiri kebuntuan saat ini atas masalah nuklir Iran.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014