... seberapa jauh berjalan, dan seberapa cepat, tidak ada yang bisa tahu... "
New York (ANTARA News) - Indeks komposit teknologi Nasdaq mendorong Wall Street melemah tajam lagi pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menutup pekan suram pada tingkat terendah dalam lebih dari dua bulan.

Nasdaq merosot 54,37 poin (1,34 persen) menjadi 3.999,73, penutupan terendah sejak 3 Februari, ketika indeks menetap untuk satu sesi di bawah tingkat psikologis penting 4.000.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 143,47 poin (0,89 persen) menjadi 16.026,75, sedangkan indeks berbasis luas S&P 500 turun 17,39 poin (0,95 persen) menjadi 1.815,69.

Pasar ekuitas AS berada di posisi merah pada sebagia besar hari, namun kerugian kian mendalam dalam 90 menit terakhir perdagangan.

Saham-saham teknologi dan bioteknologi "mendorong secara keseluruhan koreksi di pasar," kata Alan Skrainka, kepala investasi di Cornerstone Wealth Management.

"Dan seberapa jauh berjalan, dan seberapa cepat, tidak ada yang bisa tahu."

Saham teknologi terkemuka terus merosot, termasuk Apple turun 0,7 persen, Amazon turun 1,7 persen, Facebook turun 1,1 persen, Priceline turun 1,8 persen dan Twitter turun 3,1 persen.

Beberapa saham sektor bioteknologi ternama yang terpukul lebih keras, merasa lebih sakit, termasuk Biogen jatuh 4,7 persen dan Celgene turun 2,2 persen. Tetaapi Gilead Sciences bertambah 0,8 persen.

Raksasa perbankan AS JPMorgan Chase memimpin Dow lebih rendah, jatuh 3,7 persen setelah labanya 5,3 miliar dolar AS gagal memenuhi perkiraan analis. Perusahaan melaporkan penurunan laba 19 persen karena pelemahan dalam bisnis KPR dan perdagangan.

Wells Fargo, bank besar lain, naik 0,8 persen karena keuntungannya sebesar 1,05 dolar AS per saham, mengalahkan perkiraan para analis sebesar delapan sen.

General Motors yang sedang mengalami deraan lain, turun 4,1 persen karena komite kongres AS merilis dokumen yang menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang penanganan produsen mobil itu dalam penarikan kembali kendaraannya dalam jumlah besar.

Sebuah laporan bahwa Herbalife menghadapi penyelidikan kriminal oleh FBI dan Departemen Kehakiman mengirim sahamnya 14 persen lebih rendah. Herbalife mengatakan ia tidak memiliki pengetahuan tentang penyelidikan tersebut.

Gap turun 2,3 persen karena penurunan penjualan toko-tokonya enam persen untuk Maret. Pengecer lain juga mengalami hari yang buruk, termasuk JC Penney jatuh 9,6 persen, Macy merosot 2,0 persen dan Target melemah 1,3 persen.

Harga obligasi naik. Imbah hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah AS turun menjadi 2,62 persen dari 2,65 persen pada Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun turun menjadi 3,48 persen dari

3,52 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014