London (ANTARA News) - 96 kursi dikosongkan dan dihiasi dengan syal-syal Liverpool pada pertandingan semifinal Piala FA di Stadion Wembley pada Sabtu, ketika sepak bola Inggris dihentikan sejenak untuk mengenang tragedi Hillsborough yang berlangsung pada 25 tahun silam pada akhir pekan ini.

Pertandingan-pertandingan pada delapan divisi senior sepak bola Inggris akan ditunda tujuh menit untuk mengenang tragedi tersebut, di mana peringatan yang mengharukan akan berlangsung di stadion nasional, di mana Arsenal akan menghadapi Wigan Athletic, lapor Reuters.

Bencana itu, di mana 96 penggemar Liverpool meninggal dunia pada semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest, terjadi pada 15 April 1989, di mana pertandingan harus dihentikan pada pukul 3.06 sore, enam menit setelah pertandingan dimulai.

Waktu dimulainya semua pertandingan senior di Inggris akan ditunda dengan diadakannya mengheningkan cipta selama semenit, menyusul penundaan selama enam menit dari waktu kick off.

Di Wembley, 96 kursi dikosongkan dengan syal-syal Liverpool yang saling bertaut menghiasi kursi-kursi itu.

Kapten Arsenal dan Wigan meletakkan karangan bunga di area teknik dengan nama-nama para korban terlihat di papan skor elektronik di sekeliling stadion.

Para pemain mengenakan pita hitam, dan para penggemar serta para pemain melakukan mengheningkan cipta di Liga Utama Inggris, tiga divisi Liga Sepak Bola, Conference, dan tiga liga pengumpan Conferences.

Peringatan ini diharapkan juga dilakukan di liga-liga yang lebih rendah di seluruh Inggris.

Berbagai acara juga dilakukan di markas Liverpool Anfield dan tetangganya Goodison Park, kandang Everton pada Selasa, acara untuk menandai peringatan tragedi yang merupakan bencana olah raga terburuk dalam sejarah olahraga Inggris.

Penyelidikan baru terhadap bencana itu dibuka pada pekan lalu dan diperkirakan berakhir pada tahun depan.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014