Saya nanti akan memaparkan secara lengkap tentang Kota Surabaya, termasuk mengenai konstruksi"
Surabaya (ANTARA News) - Kota Surabaya dipastikan meraih penghargaan Socrates Award 2014 dari Europe Business Assembly (EBA) untuk kategori "City of the Future" (Kota Masa Depan) yang akan diserahkan pada Rabu malam nanti di London, Inggris.

"Saya sudah dapat konfirmasinya. Penilaian kategori ini (City of the Future) berdasarkan semua aspek," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Minggu.

EBA adalah perusahaan independen berbasis di Inggris yang memberi perhatian pada pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya. Sebagai organisasi non pemerintah, EBA mempromosikan transformasi ekonomi praktis, pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan.

Kategori "City of the Future" merupakan yang tertinggi yang bisa disabet peraih penghargaan setingkat kota.

Selain menerima penghargaan, Tri Rismaharini  juga diberi kehormatan untuk menyampaikan paparan dalam forum itu.

"Saya nanti akan memaparkan secara lengkap tentang Kota Surabaya, termasuk mengenai konstruksi. Mereka ingin tahu bahwa Surabaya kota yang proses pembangunannya bergerak di segala bidang," katanya.

Menurut Risma, EBA memandang berbagai masalah Surabaya telah ditangani secara komprehensif, terlihat dari intensitas banjir yang berkurang, kualitas udara yang membaik, sosial-pendidikan juga lebih baik, dan penanganan sosial yang dilakukan secara manusiawi.

Atas keberhasilan Surabaya meraih penghargaan Internasional, Risma berharap capaian ini dapat melecut motivasi warga kota untuk berani bersaing di kancah global dan menarik keuntungan.

"Artinya, kita sudah diakui dunia selanjutnya tinggal komitmen kerja keras yang dibutuhkan agar bisa berhasil," kata wali kota yang sudah mengantarkan Surabaya meraih lebih dari 50 penghargaan level nasional maupun internasional ini.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014