Tasikmalaya (ANTARA News) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara ulang di Kecamatan Sodonghilir, Minggu, mencapai 70 persen.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya, Bambang Lesmana, mengatakan pemungutan suara ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15, 18 dan 20, Desa Cukang Kawung, Kecamatan Sodonghilir dengan jumlah pemilih tetap 1.027 orang.

"Tercatat jumlah pemilih 1.027 orang, dipastikan hampir 70 persennya datang ke TPS untuk pemilu ulang," kata Bambang.

Ia menuturkan, masyarakat yang terdaftar di tiga TPS itu cukup antusias berpartisipasi menyalurkan hak suaranya untuk pemilihan legislatif tingkat Kabupaten Tasikmalaya.

KPU Kabupaten Tasikmalaya, kata Bambang, menilai Pemilu ulang tersebut sukses seperti Pemilu 2014 yang digelar, Rabu (9/4).

"Pelaksanaannya berlangsung sukses, tidak ada hambatan atau yang mengganggu jalannya pemilu ulang," katanya.

Sebelumnya, kata Bambang, Panwaslu merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Tasikmalaya untuk dilakukan pemungutan ulang di tiga TPS tersebut karena ada surat suara yang tertukar dengan daerah pemilihan lain dan dicoblos warga.

Rekomendasi itu, kata Bambang disetujui oleh KPU dan memutuskan Pemilu ulang dilaksanakan, Minggu.

"Setelah ada keputusan, kami dari Panwaslu dan KPU melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk datang ke TPS untuk memilih ulang," kata Bambang.

Sebelumnya Pemilu ulang digelar karena beberapa warga di tiga TPS tersebut telah mencoblos surat suara DPRD Kabupaten Tasikmalaya Daerah Pemilihan (Dapil) 6, yang seharusnya Dapil 7.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014