Liverpool (ANTARA News) - Stadion Anfield Liverpool akan menjadi saksi peringatan emosional pada Minggu yang menandai 25 tahun peringatan tragedi Hillsborough, sebelum pertandingan Liga Utama Inggris melawan Manchester City.

Sebagai penghormatan terhadap 96 pendukung Liverpool yang meninggal dunia pada tragedi di stadion itu, jadwal pertandingan-pertandingan di seluruh Inggris telah ditunda selama tujuh menit pada akhir pekan ini.

Para pendukung itu tewas akibat berdesak-desakan pada pertandingan semifinal Piala FA melawan Nottingham Forest di markas Sheffield Wednesday pada 15 April 1989, yang membuat pertandingan itu harus dihentikan pada menit keenam.

Pertandingan Minggu akan diawali oleh pemutaran lagu kebesaran Liverpool "Youll Never Walk Alone," dan kemudian akan diadakan mengheningkan cipta sebelum pertandingan yang dimulai pukul 13.37 (12.37 GMT).

Saat dilangsungkan mengheningkan cipta, mosaik yang menggambarkan kata-kata "96 25 tahun" akan diperagakan oleh para pendukung di tribun The Kop.

Dua pemain legendaris City Mike Summerbee dan Joe Corrigan akan memberikan karangan bunga terhadap sejawat mereka di Liverpool Kenny Dalglish dan Ian Rush sebelum pertandingan.

Peringatan umum telah dilangsungkan di stadion itu pada Selasa, yang akan menandai 25 tahun tepat terjadinya tragedi tersebut.

Penyelidikan terkini terhadap kematian para korban di Hillsborough belakangan ini dibuka di Warington, dekat Liverpool, setelah kampanye yang dipimpin keluarga para korban memicu publikasi laporan independen pada 2012 yang mengkritik cara pihak berwenang menangani tragedi itu.

Bukti-bukti awal sebelumnya mengenai insiden itu telah dibatalkan, dan dua penyelidikan tengah berlangsung setelah terungkap bukti bahwa polisi berupaya membelokkan kesalahan kepada para penggemar.

Pertandingan Liverpool melawan City menjadi salah satu pertandingan penentu gelar musim ini. Kedua tim tahu mereka akan menjadi juara liga jika mereka mampu memenangi semua pertandingan tersisa, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014