Jakarta (ANTARA News) - Gol Philippe Coutinho telah menyelamatkan kemenangan Liverpool atas Manchester City dalam pertandingan mendebarkan dua klub papan atas Liga Utama Inggris di Anfield, Minggu.

Tuan rumah Liverpool yang sudah unggul 2-0 pada babak pertama, nyaris tidak bisa mempertahankan keunggulannya ketika Glen Johnson membuat gol bunuh diri untuk menambahi gol City yang dicetak Suarez.

Mengawali laga, Liverpool dengan cepat memimpin ketika Raheem Sterling dengan tendangan kaki kanannya membuat tuan rumah unggul 1-0 pada menit keenam.

Bola tendangan Sterling yang masuk ke sudut kanan gawang City itu tercipta dari umpan Luis Suarez hanya lewat lemparan ke dalam.

Pada menit 18, Manchester City memasukkan Javi Gracia untuk menggantikan Yaya Toure yang cedera, sebelum kemudian kembali kebobolan untuk tertinggal dua gol.

Martin Skrtel mencetak gol kedua Liverpool pada menit 26 melalui sundulan kepala memanfaatkan assist Steven Gerrard yang melayangkan umpan silang matang.

Sampai babak pertama berakhir, Liverpool memimpin dua gol belum terbalas.

Setelah beberapa upanyanya melalui Edin Dzeko, David Silva, dan Fernandinho pada babak pertama gagal, City kemudian mampu memperkecil ketertinggalan berkat gol Silva pada menit 57.

Hanya dalam lima menit kemudian City mampu mengimbangi skor menjadi 2-2, dan berterima kasih kepada pemain belakang Liverpool Glen Johnson yang mencetak gol bunuh diri.

Liverpool lalu harus melakukan pergantian pemain karena Daniel Sturridge cedera pada menit 65. Ia kemudian digantikan oleh Joe Allen.

Sementara Manchester City dua menit kemudian memasukkan Sergio Aguero dan menarik keluar Dzeko untuk memberi warna lain dalam serangan.

Beberapa saat kemudian, Manchester City mendapatkan peluang, namun bola tendangan Silva kali ini melaju tipis di luar gawang Liverpool.

Tuan rumah Liverpool akhirnya mampu menyelamatkan kemenangannya ketika Philippe Countinho dengan kaki kakannya memasukkan bola ke sudut kanan bawah gawang City, yang tidak bisa dijangkau kiper Joe Hart.

Mewarnai kemenangan, di menit-menit akhir, Liverpool harus kehilangan satu pemainnya di lapangan saat Jordan Henderson dihadiahi kartu merah karena pelanggarannya.

City tidak cukup waktu untuk memanfaatkan kesempatan kekuatan hanya 10 pemain Liverpool, dan mengakhiri pertandingan dengan kekalahan tipis 2-3.

Kemenangan di Anfield itu memperbesar harapan Liverpool untuk merebut gelar Liga Inggris, dan sekarang tetap di puncak klasemen dengan poin 77, sedangkan City tetap di peringkat tiga dengan poin 70, terpaut dua poin dari Chelsea yang di tempat kedua, demikian mengutip laman resmi Premier League.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014