Seperti diketahui, Tiongkok dalam pendekatannya yang seimbang dan bersikap obyektif, menunjukkan pemahaman seluruh totalitas faktor, termasuk secara historis, yang mengarah kepada realitas baru di wilayah ini,"
Moskow (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing pekan depan dan akan membicarakan dengannya situasi di Ukraina, kata kementerian luar negeri Rusia Minggu.

Lavrov akan mengunjungi Tiongkok Selasa, menjelang pembicaraan segi empat antara para diplomat dari Uni Eropa, Amerika Serikat, Ukraina dan Rusia yang direncanakan di Jenewa Kamis, lapor AFP.

Pembicaraan tersebut kini diragukan di tengah bentrokan antara pendukung Kiev dan demonstran pro-Rusia di Ukraina timur.

Dalam pertemuan dengan pemimpin Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Wang Yi, Lavrov berencana untuk "memberikan perhatian khusus kepada situasi di Ukraina," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam satu pernyataan di situsnya.

"Seperti diketahui, Tiongkok dalam pendekatannya yang seimbang dan bersikap obyektif, menunjukkan pemahaman seluruh totalitas faktor, termasuk secara historis, yang mengarah kepada realitas baru di wilayah ini," kata Moskow.

China pada 27 Maret abstain dari pemungutan suara saat Majelis Umum PBB menyetujui resolusi Majelis didukung Ukraina yang mengutuk referendum tentang penggabungan dengan Rusia dan menolak mengakui aneksasi Rusia atas semenanjung itu.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014