Tangerang (ANTARA News) - Pembebasan lahan untuk pembangunan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 Serpong - Bandara di Kota Tangerang, Banten, baru mencapai 33 persen.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Rakhmansyah di Tangerang, Senin, mengatakan, belum seluruhnya lahan di Kota Tangerang yang akan digunakan bagi pembangunan JORR 2 selesai dibebaskan.

Padahal, target pembebasan lahan JORR 2 di Kota Tangerang selesai pada pertengahan 2014. Namun, kenyataannya masih jauh dari target.

Akibatnya, penyelesaian pembebasan lahan JORR 2 akan menambah waktu dan berdampak terhadap semakin lamanya pembangunan dilakukan.

Alasan lamanya proses pembebasan lahan yakni karena belum adanya kesepakatan harga antarwarga yang akan dibebaskan lahannya.

Meskipun berbagai upaya pendekatan dan komunikasi terus dilakukan hingga kini. Namun, memang perlu tahapan yang panjang.

Bahkan, lahan milik pengembang seperti Alam Sutera seluas lima hektar dan Modernland seluas empat hektar, telah dikomunikasikan.

"Koordinasi dengan pengembang perumahan tersebut terus dijalankan. Kini sedang tahap untuk finalisasi," ujarnya.

Sementara itu, area lahan yang telah selesai dibebaskan yakni Serpong - Kunciran dengan 27 persen, Kunciran Indah - Bandara 6,5 persen. Adapun panjang pembangunan JORR 2 di Kota Tangerang yakni 15 kilometer.

"Pemda terus membantu pemerintah pusat untuk menyelesaikan pembebasan lahan warga. Dengan begini maka akan dapat dicarikan solusi bila ditemui kendala," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014