Rio de Janeiro (ANTARA News) - Spanyol, Argentina, dan Brazil memiliki anggota tim termahal dari 32 tim yang berkompetisi di Piala Dunia Juni 2014, demikian dilaporkan harian keuangan Brazil Valor, Senin.

Anggota tim sang juara bertahan Spanyol bernilai sekitar 486,9 juta euro, unggul dari nilai 474,1 juta euro untuk Argentina dan 470,2 juta euro untuk tuan rumah Brazil, menurut konsultan analisis olahraga Pluri Consultoria, lapor AFP.

Perusahaan itu menilai tim Jerman memiliki tim bernilai 445,6 juta euro, disusul Prancis yang melebihi nilai anggota tim Inggris, yakni 398,6 juta euro untuk Les Bleus dan 354,2 juta euro untuk pasukan Roy Hodgson.

Timnas Belgia mengungguli Italia dengan 336,1 juta euro, sedangkan tim Azzurri bernilai 322,4 juta euro.

Laporan itu menilai bintang Argentina dan Barcelona Lionel Messi merupakan pemain dengan nilai tertinggi yakni 138,1 juta euro, meski turun 1,4 persen dari perkiraan nilainya pada tahun lalu.

Penyerang Portugal dan Real Madrid Cristiano Ronaldo melihat nilainya naik 11,4 persen melebihi nilainya tahun lalu setelah ia mendapat penghargaan pemain terbaik dunia - namun ia masih tertinggal dari Messi lebih dari 30 juta euro.

Dengan nilai 107,3 juta euro, nilai pasaran Ronaldo saat ini lebih besar dari sepertiga total nilai 287 juta euro bagi keseluruhan tim Portugal.

Honduras menjadi tim dengan nilai terkecil, di mana tim mereka hanya bernilai sekitar 32,3 uta euro - atau kurang dari seperempat nilai Messi dan separuh dari nilai 67,4 juta euro untuk bintang Brazil dan Barcelona Neymar, yang harganya naik sebesar 22,5 persen pada tahun lalu.

Nilai-nilai itu didasarkan pada 77 kriteria termasuk usia, kemampuan teknis, kebugaran, dan juga nilai pemasaran terhadap terhadap pertandingan terakhir timnasnya.

Perusahaan konsultasi itu akan memperbarui daftar nilai setelah tim final diumumkan pada 7 Mei.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014