Balikpapan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mulai mendistribusikan soal ujian nasional (UN) 2014 untuk SMP/MTs sederajat terutama untuk wilayah pedalaman yang relatif sulit dijangkau.

"Materi soal UN sudah selesai kami cetak pada 7 April. Kami sudah mulai distribusikan soal UN tingkat SMP/MTs terutama untuk wilaya pedalaman dan terakhir untuk wilayah kota," kata Ari Susanto dari PT Jasuhindo, perusahaan yang memenangi tender percetakan soal UN di Balikpapan, Selasa

Ia mengatakan, saat ini di Kantor Pos Besar Balikpapan sudah ada 956 boks soal UN tingkat SMP/MTs. Pada 8-10 April, soal-soal untuk daerah di perbatasan dan pedalaman sudah mulai dikirim.

Pada 11-15 April akan didistribusikan soal untuk sekolah-sekolah yang relatif dekat.

Dia mengatakan, agar soal-soal UN itu sampai dengan ke tujuan dalam kondisi baik dan aman dari air hujan atau bahkan jatuh ke genangan air, soal UN dibungkus dengan plastik setelah itu di-pak dengan kertas pembungkus baru kemudian dimasukkan lagi ke dalam karung-karung plastik.

"Kami mengirim untuk daerah-daerah yang jauh terlebih dahulu agar ada cukup waktu untuk sampai tepat waktu," kata Kepala Kantor Pos Balikpapan Lili Ariyanto.

UN untuk tingkat SMP/MTs akan berlangsung pada 5-8 Mei 2014. Sementara UN susulan akan berlangsung sepekan kemudian, yaitu 12-16 Mei. 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014