Jayapura (ANTARA News) - Tuan rumah Persipura Jayapura berhasil meraih poin penuh di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa sore pada lanjutan Liga Super Indonesia setelah mengalahkan tamunya Persebaya Surabaya dengan skor 2-1.

Jalannya pertandingan selama 2X45 menit begitu seru. Tuan rumah Persipura Jayapura berhasil meruntuhkan mental pemain lawan berkat gol cepat striker mungil Lukas Lukman Mandowen yang memanfaatkan umpang silang Titus Bonai, yang sebelumnya mendapat bola jarak jauh dari Rony Beroperai.

Lukas yang dikawal dua pemain belakang Persebaya, salah satunya Ricardo Salampessy mantan pemain bertahan Persipura di musim lalu itu tidak bisa mengawal dengan baik. Umpan matang Titus Bonai itu di sundul oleh Lukas dan langsung menghujam ke gawang Persebaya yang dikawal mantan kiper Sriwijaya Fc, Ferry Rotinsulu. Persipura 1, Persebaya 0.

Persebaya yang baru promosi dari Divisi Utama bersama Perseru Serui pada musim ini, langsung begerak cepat untuk membalas gol cepat Lukas lewat gol Emanuel Kenmogne di menit 11. Skor 1-1 ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persipura yang tidak diperkuat tiga pemain lokal dan pemain asing itu rupanya kesulitan untuk mengambangkan permainan. Apa lagi tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu baru pulang dari Maladewa dalam pertandingan Piala AFC Grup E.

Namun, di menit 76 mantan pemain Persidafon Dafonsoro pada musim lalu Izaac Wanggai berhasil membuat tim Mutiara Hitam unggul 2-1. Gol ini terbilang cukup indah juga. Izaac mencetak gol lewat kaki kiri bagian dalam setelah memanfaatkan umpan datar Kapten tim Boaz TE Salossa.

Hingga pluit panjang dibunyikan, kedua tim tidak lagi menciptakan gol, Persipura Jayapura unggul 2-1 atas tamunya Persebaya Surabaya.

Dengan hasil ini dipastikan Persipura akan naik tingkat dengan koleksi 12 poin. Pada Sabtu (19/4) pekan ini Persipura akan menjamu PSM Makasar ditempat yang sama.

Pelatih Persipura Jakcsen F Tiago mengaku bangga dengan kinerja anak asuhnya. "Gol yang diciptakan Lukas sangat luar biasa. Apa lagi gol kedua Izaac Wanggai, sungguh tidak lazim, seharusnya bola begitu biasanya diambil oleh Bio, tapi yang tadi dilapangan sangat bagus," katanya memuji gol-gol yang diciptakan anak asuhnya saat memberikan komentar kepada pers.

Sementara itu, pelatih Persebaya Surabaya mengakui keunggulan Persipura atas timnya. "Selamat buat Jacksen dan Persipura. Itu semua murni gol-gol yang bagus. Anak-anak seharusnya bisa mengintersep, tetapi kenyataannya lain. Kami sebenarnya sudah siapkan diri jauh-jauh hari untuk lawan Boaz dan kawan-kawan, tapi rupanya Persipura lebih siap," katanya.(*)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014