Jenewa (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Rabu, tiba di Jenewa untuk pembicaraan tingkat tinggi mengenai meningkatnya krisis di Ukraina, yang menghadapi ancaman terpecah dua karena pemerintah kehilangan kendali atas separatis timur.

Kerry akan bertemu dengan timpalannya Menteri Luar Negeri Rusia, Ukraina dan Uni Eropa, Kamis, dalam upaya meredakan lonjakan ketegangan di satelit ex-Soviet di mana para militan pro-Rusia yang Kiev katakan didukung oleh Moskow telah mengambil kendali bagian tenggara.

"Intinya sudah sulit untuk mendapatkan dialog yang nyata antara Rusia dan Ukraina," kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri, yang berharap tak disebut namanya, kepada wartawan sebelum mendarat, seperti dilaporkan AFP.

"Rusia telah banyak mengatakan tentang situasi di dalam Ukraina ... Itu sendiri perilaku yang sudah sangat mengganggu stabilitas di timur dan karena itu Ukraina punya banyak kesempatan untuk mengatakan tentang apa yang Rusia telah lakukan."

"Intinya adalah mencoba untuk memberikan ruang di mana Amerika Serikat dan Uni Eropa bisa duduk dengan Rusia dan Ukraina serta dapat melihat pertama dan terutama cara-cara untuk meredakan situasi keamanan di sana," katanya.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014