Los Angeles (ANTARA News) - Kevin Durant melakukan "slam dunk" saat pertandingan menyisakan waktu 16,5 detik untuk membawa Oklahoma City menang 112-111 atas Detroit pada Rabu (Kamis WIB) pada malam terakhir musim reguler NBA.

Dengan kemenangan ini, Thunder mengamankan posisi unggulan kedua di "playoff" Wilayah Barat.

Durant bergerak melewati Kyle Singler di sisi kiri untuk melakukan "slam dunk" dua tangan - yang membuat Thunder memimpin untuk pertama kalinya sejak kuarter kedua.

Upaya pemain Detroit Brandon Jennings untuk melakukan lemparan tiga angka saat "buzzer" berbunyi tidak membuahkan tambahan angka bagi timnya.

Durant mencetak 29 dari 42 angkanya pada babak kedua, termasuk 21 angka pada kuarter keempat, dan mengunci gelar pencetak angka keempatnya dalam lima tahun terakhir.

"Banyak hal bagus yang terjadi, banyak peningkatan dan perkembangan," kata pelatih Thunder Scott Brooks mengenai musim Oklahoma City. "Saya pikir para pemain kami benar-benar bersaing sepanjang tahun."

"Dengan demikian," tambahnya, "Saya tidak terlalu takjub melihat bagaimana kami bermain pada malam ini."

Thunder akan membuka "playoff" pada Sabtu melawan Memphis Grizzlies, yang mengalahkan Dallas Mavericks 106-105 melalui perpanjangan waktu pada pertarungan memperebutkan posisi unggulan ketujuh di Wilayah Barat.

Kemenangan Oklahoma berarti Los Angeles Clippers dipastikan menjadi unggulan ketiga Wilayah barat, bahkan sebelum mereka menyelesaikan musim dengan kekalahan 104-110 dari Portland Trail Blazers.

Clippers akan menghadapi unggulan ketujuh Golden State pada putaran pertama, sedangkan unggulan keempat Houston akan menghadapi unggulan kelima Blazers.

Unggulan kedelapan Mavericks akan menghadapi unggulan teratas San Antonio Spurs.

San Antonio, yang telah mengunci rekor terbaik di liga dan merupakan unggulan teratas di Wilayah Barat, merupakan sebagian dari tim-tim yang mengistirahatkan para pemain regulernya di pertandingan-pertandingan terakhir musim reguler.

Tim Duncan absen pada pertandingan tersisa dan point guard All Star Tony Parker melewatkan babak kedua saat Los Angeles mengalahkan Spurs 113-100.

Toronto Raptors mengunci posisi unggulan ketiga di Wilayah Timur meski kalah dari New York Knicks.

J.R. Smith mencetak 30 angka untuk memimpin Knicks - yang telah tereliminasi dari persaingan pasca musim - meraih kemenangan 95-92 di Madison Square Garden.

New York menghapus defisit 21 angka pada babak pertama dari tim Raptors yang mengistirahatkan para pemain inti mereka di babak kedua setelah mempelajari bahwa mereka telah mengamankan posisi unggulan ketiga, setelah Chicago kalah 86-91 dari Charlotte melalui perpanjangan waktu.

Raptors akan berhadapan dengan Brooklyn Nets di putaran pertama playoff.

Ke-16 tim peserta playoff, delapan dari Timur dan delapan dari Barat, telah ditentukan sebelum pertandingan-pertandingan terakhir musim reguler yang dimainkan pada Rabu, namun posisi-posisi unggulan untuk pertandingan-pertandingan putaran pertama masih dipertaruhkan.

Washington Wizards meraih kemenangan 118-102 atas Boston Celtics untuk mengamankan posisi unggulan kelima di Timur.

Wizards memenangi empat pertandingan terakhir mereka di musim reguler untuk mencatatkan rekor terbaiknya dalam sembilan tahun (44-38), dan akan menghadapi unggulan keempat Bulls di Chicago pada Minggu di pertandingan playoff pertama mereka dalam rentang waktu enam tahun.

Unggulan teratas Wilayah Timur Indiana menutup musim dengan kemenangan 101-86 atas Orlando, dan akan menghadapi Atlanta Hawks di putaran pertama pada pertandingan yang seperti ulangan pertandingan putaran pertama tahun lalu, yang dimenangi pada game keenam oleh Pacers.

Juara bertahan dua kali Miami, yang telah dipastikan mendapatkan gelar Divisi Tenggara dan unggulan kedua dari Timur, mengistirahatkan para pemain intinya yakni Lebron James, Chris Bosh, dan Mario Chalmers saat mereka kalah 87-100 dari Philadelphia.

"Masih ada badai yang akan datang, dan inilah saatnya bagi kami untuk benar-benar memulai persiapan untuk badai itu dan bersiap untuk perjalanan menakjubkan yang akan menguji kami semua," kata pelatih Heat Erik Spoelstra, yang tidak sabar menjalani kompetisi pasca musim.

Dwayne Wade tampil sejak awal dan mencetak 16 angka untuk Heat, yang akan melawan Charlotte pada putaran pertama "playoff", demikian mengutip laporan AFP.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014