Jakarta (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya meluncurkan Pekan Lingkungan Hidup (PLI) ke-18 yang akan diselenggarakan pada 29 Mei hingga 1 Juni 2014.

"Melalui PLI 2014, Kementerian Lingkungan Hidup mengajak semua pihak untuk menyatukan langkah, melindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim sehingga tercapai ketahanan lingkungan. Ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat Indonesia," kata Balthasar Kambuaya di Jakarta, Kamis.

PLI 2014 mengambil tema "Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim" yang dimaksudkan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat atas pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan.

Tema tersebut selaras dengan tema World Environment Day 2014 yang dikeluarkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) yaitu "Raise Your Voice, Not the Sea Level".

Indonesia adalah negara maritim yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk lima pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Wilayah pesisir dan laut Indonesia memiliki arti penting tersendiri, karena sekitar 30 persen mangrove dan terumbu karang terbaik dunia berada di Indonesia, sekitar 85 persen sumber daya ikan Indonesia berasal dari perairan pesisir.

Juga sekitar 60 penduduk Indonesia hidup di wilayah pesisir, sekitar 65 persen kabupaten/kota terletak di kawasan pesisir, sekitar 26,5 persen kontribusi terhadap PDB nasional dan sektor kelautan dapat menampung lebih dari 16 juta tenaga kerja.

Sejalan dengan pesatnya kegiatan pembangunan, permasalahan lingkungan hidup dari hari kehari dirasakan semakin kompleks, terutama dampak perubahan iklim yang antara lain menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut.

Hal ini akan berdampak langsung terhadap kondisi pesisir dan laut serta keberadaan sejumlah pulau-pulau kecil yang ada dalam gugusan kepulauan Indonesia.

PLI akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta dan diikuti oleh Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, Badan dan Organisasi Lingkungan Hidup serta Pemerhati Lingkungan.

Selain pameran juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seminar, workshop, dan lomba.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014