Serang (ANTARA News) - Penumpang dengan kendaraan roda dua dan roda empat di Pelabuhan Merak meningkat dibanding hari biasa pada libur Paskah dan akhir pekan, Jumat.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Mario Sardadi Utomo saat dikonfirmasi di Serang mengatakan liburan panjang Haru Paskah, penumpang Pelabuhan Merak meningkat dibanding hari biasanya didominasi mobil pribadi dan sepeda motor

"Jika dibandingkan hari biasanya kenaikan jumlah kendaraan terjadi pada kendaraan sepeda motor yang naik dua kali lipat dibanding hari biasanya," kata Mario.

Ia mengatakan, jumlah kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Merak pada Jumat (18/4) sebanyak 1.457 unit, meningkat dibanding hari biasanya rata-rata hanya 700 unit.

Begitu juga kendaraan roda empat atau mobil pribadi mengalami kenaikan yakni sebanyak 2.909 unit. Padahal pada hari biasa jumlah mobil pribadi hanya mencapai rata-rata 1.700 unit.

"Kenaikan juga terjadi pada penumpang non kendaraan sebanyak 5.625 orang atau naik sekitar 25 persen dari hari biasanya," kata Mario.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang, kata Mario, pihak ASDP Merak berupaya memberikan pelayanan optimal dengan mengoperasikan maksimal 28 kapal serta lima dermaga.

"Kami perkirakan kondisi padat masih terjadi sampai Jumat malam, dan pada Minggu 20 April 2014 akan terjadi arus balik," katanya.

Ia mengatakan, kondisi antrean kendaraan di dalam pelabuhan dermaga yang siap muat sekitar 450 unit. Sementara cuaca di sekitar pelabuhan berawan, kecepatan angin 05 sampai 10 knot dan ketinggian gelombang mencapai 0,35 sampai 0,75 meter.

Pewarta: Mulyana
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014