Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menyiratkan dirinya tengah berupaya membangun Koalisi Indonesia Raya yang sebelumnya digagas oleh politisi PAN Amien Rais dalam pertemuan tokoh Islam di Cikini, Kamis (17/4) malam.

"Semua ini (koalisi dengan PPP dan komunikasi dengan partai-partai lain), dalam rangka membangun koalisi yang besar itu (Koalisi Indonesia Raya)," ujar Prabowo Subianto saat menghadiri deklarasi dukungan PPP terhadap Gerindra di DPP PPP, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya dalam pertemuan tokoh dan politisi Islam di Cikini, Kamis (17/4) malam, Amien Rais menggagas pembentukan Koalisi Indonesia Raya yang terdiri dari partai Islam dan nasionalis.

Menurut Prabowo, dalam waktu dekat dirinya akan segera melakukan pertemuan dengan Amien Rais terkait koalisi besar itu. Dia juga akan meneruskan safari politik dengan menyambangi partai-partai politik lain untuk membangun sebuah koalisi besar, tidak terkecuali berbicara dengan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Logikanya begitu (bersafari politik), nanti pada saatnya (bertemu SBY). Selama ini kita melaksanakan komunikasi intensif hampir dengan semua partai ada dengan PKB, PAN, PKS, Demokrat, Golkar dan Hanura, termasuk PDIP kalau mau bergabung kami terbuka," kata Prabowo.

Sementara itu Ketua Umum PPP Suryadharma Ali juga sependapat dengan pembentukan Koalisi Indonesia Raya. Suryadharma Ali meyakini Prabowo Subianto akan sangat terbuka atas kemungkinan koalisi dengan partai lain.

"Kalau bukan Koalisi Indonesia Raya, dan berdua saja (Gerindra dengan PPP) itu namanya Koalisi Gabah, yang bisa bermakna Garuda Kabah," ujar Suryadharma Ali.

(R028/F003)

Pewarta: Rangga Pandu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014