Denpasar (ANTARA News) - Sebanyak 48 sekolah sepak bola (SSB) di Bali-Nusa Tenggara mengikuti babak kualifikasi Aqua Danone Nations Cup (ADNC) di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, pada 19-20 April 2014, untuk mendapatkan tiket babak final kejuaraan dunia U-12 di Brasil.

"Sebanyak 48 SSB ini merupakan hasil prakualifikasi dari ratusan SSB yang mendaftar di wilayah kami," kata Ida Bagus Purnaya selaku penanggung jawab pertandingan ADNC wilayah Bali-Nusra di Denpasar, Sabtu.

Selama dua hari, 48 tim tersebut bertanding dengan pola setengah kompetisi untuk diciutkan menjadi 16 besar, delapan besar, dan empat besar.

"Besok sore garnd final untuk wilayah Bali-Nusra. Satu tim yang berhasil menjadi juara akan mewakili wilayah ini di tingkat nasional," ujarnya.

Juara di tingkat nasional akan dikirim ke kejuaraan dunia U-12 di Brasil. "Kami amati 48 tim yang bertanding di Denpasar ini kekuatannya merata. Skor pertandingan tipis-tipis dan hanya satu pertandingan yang skornya telak, 3-0," kata Purnaya.

Bahkan delapan tim yang mewakili Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, lanjut dia, memiliki kekuatan yang merata dengan 40 tim dari Bali.

Berbeda dengan sistem pertandingan sepak bola pada umumnya, dalam kejuaraan tersebut setiap tim beranggotakan sembilan orang dan tiga pemain cadangan.

Mereka berlaga di lapangan berukuran 60 x 40 meter dan gawangnya hanya 5 x 2 meter serta waktu pertandingan yang berlangsung 15 menit tanpa jeda.

Dua tahun sebelumnya secara berturut-turut babak kualifikasi ADNC wilayah Bali-Nusra digelar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar.

Baru tahun ini babak kualifikasi digelar di Stadion Ngurah Rai yang dikenal sebagai markas tim Divisi I Perseden, Denpasar

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014