Semoga semangat kebangkitan Yesus dalam Paskah ini membangkitkan semangat hidup kita,"
Magelang (ANTARA News) - Paskah sebagai perayaan atas kebangkitan Yesus dari kematian, membawa semangat baru kehidupan umat kristiani untuk menjalankan karya kebaikan terhadap sesama, kata rohaniwan Gereja Paroki Santa Maria Fatima Kota Magelang, Romo Rosarius Sapto Nugroho.

"Semoga semangat kebangkitan Yesus dalam Paskah ini membangkitkan semangat hidup kita," katanya saat khotbah misa kudus malam paskah di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Ibadah malam paskah oleh umat Katolik di gereja setempat berlangsung secara khusyuk, antara lain ditandai dengan prosesi api suci, pembacaan sabda Allah baik dari Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, pembaruan janji baptis, dan ekaristi.

Ia mengajak umat untuk sungguh-sungguh menghayati perayaan paskah guna menguatkan iman terhadap Allah.

"Keyakinan kita dikuatkan bahwa hidup kita memiliki arti untuk memuliakan Allah dan mencintai sesama. Hidup yang bernilai ini adalah buah kebangkitan Kristus," katanya.

Ia menyebut kebangkitan Yesus yang dirayakan sebagai paskah mendorong umat untuk makin menguatkan kesadaran bahwa hidup itu untuk Allah.

"Santo Paulus mengalami Kristus yang bangkit. Kristus hadir secara nyata dalam dunia. Pengalaman bertemu dengan Yesus yang hidup membuat kita menyerahkan seluruh hidup kita untuk Allah. Hidup kita bukan lagi milik kita tetapi milik Allah yang menebus dosa-dosa kita," katanya.

Pada kesempatan itu, Romo Sapto mengajak umat untuk membawa kehidupan diri dan keluarga, berbagai upaya dan karya kebaikan, segala suka dan duka pengabdian, kepada Allah.

"Kita bawa dalam persembahan ekaristi. Kita menjiwai hidup dengan ekaristi. Roh kebangkitan kekal kita temui dan kita peroleh dari sana, dan selanjutnya kita bawa dalam hidup sehari-hari," katanya.

Berbagai gereja baik di Kota maupun Kabupaten Magelang menyelenggarakan misa paskah pada Sabtu malam, sebagai puncak rangkaian Tri Hari Suci Paskah, yakni Kamis Putih untuk memperingati perjamuan terakhir Yesus bersama para rasul, Jumat Agung saat kematian Yesus melalui penyaliban, dan Paskah sebagai perayaan atas kebangkitan Yesus dari kematian. (*)

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014