Jakarta (ANTARA News) - Penemuan planet yang menyerupai bumi merupakan penemuan luar biasa pekan ini, selain temuan aneh dalam dunia serangga yang tertukar jenis kelaminnya antara jantan dan betina, seperti dilansir laman USA Today.


Kelimanya adalah:

1. Astronom temukan "sepupu" bumi.

Planet "mirip bumi" lainnya pernah ditemukan sebelumnya, tetapi yang memicu semangat di kalangan astronomi adalah karena planet yang baru ditemukan ini benar-benar mirip bumi.

Memperkenalkan Kepler-186f, yang mungkin 10 persen lebih besar dari bumi, mengorbit sebuah bintang seperti matahari.

Planet ini diperkirakan berada di kisaran yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin yang kemungkinan dapat menjadi tempat kehidupan dan menghasilkan air.

2. Tanah di bawah es Greenland lebih tua dari umat manusia.

Ilmuwan telah mempelajari bahwa tanah di bawah titik tertinggi di Greenland Ice Sheet berumur 2,7 juta tahun.

Dalam kata lain, lumpur yang terkubur dalam ribuan kaki es "telah tersimpan jauh sebelum permulaan manusia," kata seorang ilmuwan. Terlebih lagi, Greenland dulu dan sekarang sangat berbeda.

3. Serangga dengan penis betina.

Untuk pertama kalinya ilmuwan menemukan hewan yang alat kelaminnya tampak tertukar, yakni betina yang memiliki organ seperti penis dan jantan yang memiliki organ mirip vagina.

Hewan-hewan tersebut adalah empat spesies serangga kutu yang ditemukan di gua-gua Brasil.

4. Perjuangan Cherokee terlihat pada tengkoraknya.

Sebuah studi terbaru oleh peneliti North Carolina State University and University of Tennessee menemukan bahwa perjuangan Cherokee benar-benar mengubah bentuk tengkorak mereka.

5. Manusia mencapai "puncak" pada usia 24.

Siaran pers Simon Fraser University mengatakan, "Studi menyebutkan bahwa kita telah melewati puncak pada usia 24." Pernyataan ini mengacu pada sebuah studi baru tentang kinerja motor kognitif. (*)

Penerjemah:
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014