Bandarlampung (ANTARA News) - Prediksi hasil pleno rekapitulasi suara di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandarlampung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bakal meraih 10 kursi DPRD Bandarlamping atau meningkat 100 persen dari sebelumnya lima kursi pada Pemilu 2009.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi KPU di Bandarlampung, Minggu malam, perolehan suara partai politik yang berbeda dibandingkan hasil Pemilu 2009 lalu, di antaranya Partai Demokrat merosot jauh perkiraan perolehan kursinya di DPRD Bandarlampung, dari 13 kursi menjadi hanya lima kursi.

Sedangkan kursi yang bakal diraih PAN sebelumnya hanya empat kursi, diprediksi naik menjadi 7 kursi.

PDI Perjuangan diperkirakan mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Bandarlampung yakni 10 kursi.

Pada urutan kedua, PAN dengan perkiraan perolehan 7 kursi, dan Partai NasDem yang merupakan partai baru dapat meraih suara untuk DPRD Bandarlampung cukup fantastis, partai besutan Surya Paloh itu diperkirakan akan memenuhi satu fraksi dengan lima kursi.

Sedangkan Partai Golkar justru turun perolehan suara dari sebelumnya delapan kursi, kini hanya memperoleh lima kursi saja.

Partai Gerindra dari sebelumnya hanya mampu meraih 3 kursi, kini Gerindra diprediksi akan memiliki 5 kursi di DPRD Bandarlampung.

Perolehan kursi PPP diperkirakan sama dengan hasil pemilu legislatif sebelumnya yaitu empat kursi.

Begitupula dengan Partai Hanura yang hanya memperoleh dua kursi, dan PKB yang hanya memperoleh satu kursi.

PKPI dari sebelumnya tidak memiliki kursi untuk legislatif di Kota Bandarlampung, hasil Pemilu 2014 ini diperkirakan bisa mendapatkan satu kursi.

Diperkirakan Hanura, PKB, dan PKPI diprediksi akan bergabung menjadi satu fraksi.

Hingga berita ini diturunkan pukul 21.51 WIB, rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Bandarlampung masih berjalan alot, karena masih terdapat persoalan di Daerah Pemilihan 5 dan Dapil 2 untuk perolehan suaranya. (AS*B014)

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014