Samarinda (ANTARA News) - Perwakilan dari setidaknya 11 negara akan ikut memeriahkan festival budaya Erau yang berlangsung 15-22 Juni 2014 di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kertanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Senin, mengatakan negara yang mengirimkan tim kesenian ke festival budaya Erau yakni Belanda, Italia, Hungaria, Latvia, Rusia, Kroasia, Philipina, Korea Selatan, Columbia, Mesir, dan Bangladesh.

Menurut dia, sebanyak 259 anggota tim kesenian dari negara-negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF) tersebut akan datang ke Tenggarong satu hari sebelum pembukaan Erau.
 
"Pada 2013 pertama kalinya Erau dimeriahkan oleh atraksi kesenian dari delapan negara anggota CIOFF, yaitu Perancis, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Mesir, Yunani, Belgia dan Republik Ceko," ujarnya.

Sri mengatakan kehadiran tim kesenian dari mancanegara dalam pesta budaya Erau bisa digunakan untuk menyebarluaskan budaya Tenggarong dan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Pesta budaya Erau di Tenggarong adalah tradisi Kerajaan Kutai Kartanegara yang sudah ada sejak abad ke-13.

Pewarta: Masnun
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014