kunjungan itu terkait dengan penanganan proses hukum terhadap kasus kebakaran lahan dan hutan di Riau.
Pekanbaru (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup (MenLH), Balthasar Kambuaya, meninjau kerusakan akibat kebakaran hutan di kawasan konservasi Giam Siak Kecil-Bukit Batu, Senin.

Balthasar Kambuaya melakukan peninjauan di sela acara Rapat Koordinasi Kementerian Lingkungan Hidup Regional Sumatera di Pekanbaru.

Menteri Balthasar Kambuaya melakukan peninjauan dari udara menggunakan helikopter Polri. Turut serta dalam peninjauan itu Deputi Bidang Penaatan Hukum Sudariyono, dan Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim Arief Yuwono.

"Pak Menteri melakukan peninjauan dengan helikopter bersama deputi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Riau, Yulwiriati Moesa.

Ia mengatakan kunjungan itu terkait dengan penanganan proses hukum terhadap kasus kebakaran lahan dan hutan di Riau.

"Menteri juga berpesan agar bencana asap di Riau jangan terulang lagi," katanya.

Seperti diketahui bencana asap akibat kebakaran lahan dan hutan melanda Riau pada kurun waktu Februari hingga awal April lalu. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhono sempat mengambil alih komando penanggulangan operasi tanggap darurat asap dari Pemprov Riau.

Presiden juga meminta agar ada penegakan hukum yang tegas bagi pelaku pembakar lahan dan hutan.

Berdasarkan data Polda Riau, ada sedikitnya ada 116 tersangka dugaan pembakaran lahan dan hutan. Satu diantaranya adalah perusahaan komoditas sagu PT National Sago Plantation dari Sampoerna Agro Group.

Sedangkan, Kementerian Lingkungan Hidup melakukan penyeledikan khusus terhadap sejumlah perusahaan yang diduga terlibat pembakaran lahan di Riau.

(F012)

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014