... Washington menyerukan tetangga-tetangga Asia itu untuk memperbaiki hubungan... "
Tokyo (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyumbangkan pohon ke Kuil Yasukuni yang kontroversial, Senin; tetapi tidak mengunjungi peringatan yang dipandang China dan Korea Selatan sebagai simbol masa lalu militerisme Jepang.

Abe menyumbangkan hadiah simbolis, sebatang pohon masakaki yang sakral, bertepatan awal festival musim semi tiga hari, kata kantor berita Jiji Press, dan media setempat lain.

Pemberian itu dipandang tanda ia akan menghindari kunjungan pribadi selama festival, kata laporan, dengan penyiaran publik NHK mengutip sumber tak disebut namanya mengatakan, dia tidak merencanakan kunjungan itu.

Abe telah banyak diharapkan menahan diri dari mengunjungi kuil itu menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, ke Tokyo, dari Rabu sampai Jumat, dengan Washington menyerukan tetangga-tetangga Asia Timur itu untuk memperbaiki hubungan.

Banyak anggota parlemen lainnya mengharapkan untuk melakukan ziarah rutin mereka Selasa.

Kuil Shinto Yasukuni berumur 145 tahun yang dibangun sebagai penghormatan kepada korban perang Jepang itu, termasuk beberapa pemimpin perang "kelas A" yang dikutuk sebagai penjahat perang oleh kekuatan sekutu pimpinan Amerika Serikat dan dieksekusi setelah Perang Dunia II.

Abe yang dikenal karena pandangan nasionalisnya, menuai protes dari China dan Korea Selatan ketika ia mengunjungi kuil itu Desember lalu pada saat hubungan Jepang dengan negara-negara tetangga yang sangat tegang atas sengketa teritorial dan perbedaan persepsi sejarah.

Para anggota parlemen konservatif Jepang akan berziarah ke kuil itu selama musim semi dan musim gugur, dalam berbagai festival dan peringatan perang.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014