Jakarta (ANTARA News) - Komdis PSSI menjatuhkan hukuman denda kepada Persib akibat ulah pendukung fanatiknya yaitu Bobotoh yang nekad datang saat Tim Maung Bandung itu menghadapi tuan rumah Gresik United, Minggu (20/4) meski masih dalam masa hukuman.

Suporter Persib Bandung sebelumnya mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI selama 12 bulan tidak boleh mendampingi timnya saat menjalani laga tandang. Hukuman ini dampak perselisihan dengan pendukung Persija, 28 Agustus 2013.

"Persib harus membayar denda Rp10 juta karena tidak mampu menjaga pendukungnya untuk mematuhi hukuman dari komdis," kata Hinca Panjaitan di Kantor PSSI Senayan.

Menurut dia, selain memberikan hukuman denda kepada klub Persib Bandung, Komdis PSSI juga memberikan hukuman tambahan kepada pendukung Maung Bandung yaitu enam bulan larangan untuk mendukung tim saat menjalani laga tandang.

Persib Bandung bisa dikatakan sebagai klub yang sering mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI. Salah satu hukuman yang diterima klub tersebut terkait dengan gagalnya pertandingan antara Maung Bandung melawan Persija Jakarta.

Selain hukuman kepada panitia penyelenggara pertandingan Persib melawan Persija, Komdis PSSI juga memberikan sanksi dua kali larangan bertanding kepada pemain depan Ferdinand Sinaga yang berperilaku buruk terhadap wasit.

Mantan pemain Semen Padang itu juga mendapatkan hukuman denda sebesar Rp25 juta. Sedangkan panpel pertandingan Persib melawan Persija mendapatkan hukuman denda sebesar Rp50 juta.

Selain memberikan sanksi kepada pendukung setiap Persib Bandung, Komdis PSSI juga memberikan sanksi denda Rp50 juta kepada panpel pertandingan Gresik United melawan Persib Bandung yang berakhir 1-4 karena ada flare saat pertandingan berlangsung.

Jika flare ada kembali pada pertandingan kandang Gresik United berikutnya, maka Komdis PSSI akan menjatuhkan sanksi tambahan yaitu pertandingan tanpa penonton untuk pertandingan kandang selanjutnya.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014