Dengan jiwa yang sehat maka dengan sendirinya akan membangkitkan inspirasi sehingga dapat diekspresikan dalam sebuah karya seni yang bersih dari kepentingan."
Bantul (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan Pekan Olahraga Wartawan Daerah diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme wartawan yang sehat jasmani dan rohani.

"Dengan jiwa yang sehat maka dengan sendirinya akan membangkitkan inspirasi sehingga dapat diekspresikan dalam sebuah karya seni yang bersih dari kepentingan," kata Sultan saat pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) II DIY di Yogyakarta, Senin malam.

Dengan demikian, lanjut Raja Keraton Ngayogyakarto, diharapkan dapat tersajinya informasi dan berita yang objektif, berimbang tanpa tendensi, selain itu dari wartawan yang sehat dapat melahirkan berita dan artikel yang hebat.

"Bukankan ada pepatah latin bahwa dalam jiwa yang kuat terdapat tubuh yang sehat, begitu pula sebaliknya. Hal ini juga relevan dengan kumandang lagu Indonesia Raya Bangunlah jiwanya bangunlah raganya," kata Sultan.

Sultan mengatakan, dengan berolahraga dapat menjaga kebugaran tubuh yang melekat dengan beban pekerjaan agar tidak keletihan melewati batas jenuh, karena ketika jenuh otak seakan berhenti bekerja, sehingga sulit munculkan ide-ide cerdas dalam tugas jurnalisitik.

Sultan mengatakan, sebagai sarana olahraga Porwada merupakan ajang pemanduan dan pendidikan guna membentuk atlet wartawan yang berprestasi untuk persiapan menuju tingkat yang lebih tinggi yaitu Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

"Porwada juga hendaknya mampu mengeratkan persahabatan antarwartawan dan menggugah pengetahuan yang humanis, dan semangat persahabatan ini hendaknya dikembangkan di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan," katanya.

Pembukaan Porwada DIY II tersebut selain dihadiri Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Raja Parlindengan Pane, juga dihadiri Ketua KONI DIY beserta beberapa Bupati se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Yogyakarta, Janu Riyanto dalam laporannya mengatakan, Porwada DIY ke-2 ini diikuti sekitar 300 wartawan baik cetak, elektronik dan online yang bertugas meliput di wilayah empat kabupaten dan satu Kota Yogyakarta.

"Porwada ini akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga (cabor) yakni sepak bola, futsal, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, bola voli, atletik, catur dan biliiard, kemudian brigde untuk kategori eksebisi," katanya.

Menurut dia, DIY menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang mengadakan Porwada sebagai tahapan persiapan menuju Porwanas, dan Porwada kali ini diadakan selain untuk menjaring atlet untuk Porwanas pada 2016 juga sebagai ajang silaturahmi antar wartawan DIY. (*)

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014