Bekasi (ANTARA News) - Dinas Bangunan dan Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Jawa Barat, memperkirakan penyempurnaan bangunan stadion internasional di Bekasi membutuhkan waktu dua tahun.

"Kami memperkirakan bangunan bisa rampung 100 persen pada 2016 mendatang," kata Kepala Disbangkar Kota Bekasi, Dadang Ginanjar di Bekasi, Senin.

Menurut dia, tahap awal pembangunan stadion yang menelan anggaran Rp234 miliar baru menyelesaikan tribun barat dan timur serta lapangan sepakbola berikut arena lintasan atletik.

Pada tahap pembangunan berikutnya, kata dia, akan dibuat sejumlah fasilitas pendukung lainnya seperti tribun utara dan selatan, parkiran kendaraan, jalur evakuasi, hingga loket pembelian tiket masuk.

"Rencana pembangunan tempat parkir akan kita bagi dalam dua zona yang saling berjauhan untuk memisahkan dua kubu pendukung sepakbola agar tidak terjadi gesekan. Lahannya masih kita cari," katanya.

Sejauh ini, lokasi yang dianggap ideal adalah eks kolam renang dan Gedung Basket GOR Patriot.

Sedangkan, untuk jalur evakuasi rencananya akan dibuat dua lokasi yang diperuntukan bagi pemain berikut offisial saat terjadi konflik.

"Khusus untuk loket tiket, akan kita sediakan secara terpisah bagi masing-masing pendukung dengan sistem keamanan ganda," katanya.

Menurut Dadang, hingga kini Pemkot Bekasi masih mengupayakan penyusunan payung hukum seputar penggunaan Stadion Patriot ini agar selama masa penyempurnaan bangunan bisa dimanfaatkan melalui pengajuan revisi atas peraturan daerah sebelumnya.

Perda sebelumnya membahas tata cara penggunaan stadion sebelum kondisinya direnovasi seperti sekarang ini.

"Kami sudah meminta pendapat hukum dari Kejaksaan Negeri Kota Bekasi tapi belum ada jawaban. Kami juga mengajukan revisi perda ke DPRD Kota Bekasi, tapi tentu tidak bisa rampung saat ini juga karena ada mekanisme pembahasan yang harus dilalui," ujarnya. (*)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014