Kairo (ANTARA News) - Kontingen Kesenian dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Avicenna, Jakarta, mewakili Indonesia untuk menyemarakkan Festival Tarian Rakyat Internasional Tingkat Anak-Anak (Kucukcekmece International Children Folklore Festival) di Istanbul, Turki.

Dalam festival tersebut Indonesia menampilkan tarian khas Nusantara, antara lain Tari Ratoeh Jaroe dari tanah Rencong diiringi penampilan perkusi rapai serta tari Giring-Giring (Kalimantan) dan Lenggang Nyai (Betawi), kata Ketua Kontingen, Dina Bayundani, kepada ANTARA Kairo, Senin.

Festival internasional yang digelar di kota bersenjarah Isntambul itu berlangsung selama sepekan dari 19-26 April 2014, katanya.

Dina menjelaskan, kontingen Indonesia berjumlah 19 dan didamping Ibu Farha Faisal Abudan dan Ibu Tini Sumartini dari Komite Sekolah Avicenna Jakarta dan didukung Medco Foundation.

Disebutkan, Duta Besar RI untuk Turki, Nahari Agustini dan Konsul Jenderal RI di Istambul, Hariadi Kusumaningprang menyambut baik dan memberi dukungan penuh kepada Kontingen Kesenian Indonesia.

Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Ankara, Robertus Irawan, mengemukakan bahwa setiap penampilan kontingen Indonesia dalam festival tersebut disambut hangat dan tepuk tangan meriah dari hadirin.

Walikota Istambul terkesan terkesan dengan penampilan tarian Indonesia sehingga secara khusus meminta foto bersama, tutur Dina.

Selain tampil di panggung festival, kontingen Indonesia juga diarahkan oleh panitia untuk memperkenalkan kesenian Indonesia di beberapa sekolah di Istanbul, katanya.

Menurut Dina, selama festival berlangsung, para pelajar Indonesia tersebut menginap bersama orang tua angkat warga Turki (host parents), sehingga dapat menambah wawasan budaya masyarakat setempat. (M043)

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014